Kebakaran Hanguskan Lahan 1,5 Hektare di Tebing Karimun

Kebakaran Hanguskan Lahan 1,5 Hektare di Tebing Karimun

Pada Sabtu (12/9/2023) malam, terjadi kebakaran lahan seluas 1,5 hektare di Bangun Sari, Kelurahan Harjosari, Tebing, Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Karimun, Batamnews - Pada Sabtu (12/9/2023) malam, terjadi kebakaran lahan seluas 1,5 hektare di Bangun Sari, Kelurahan Harjosari, Tebing, Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.45 WIB itu menyebabkan lahan yang ditumbuhi rumput dan lalang cepat terbakar oleh api yang semakin meluas dan membesar.

Pihak kelurahan bekerja sama dengan Polri, TNI, dan masyarakat setempat berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya sambil menunggu kedatangan mobil pemadam kebakaran.

Menurut Ketua RT 03 RW 03, Abdul Rahman, kebakaran ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang melintas dan segera dilaporkan kepada pihak berwenang.

Baca juga: Peringatan Hasiarnas ke-90 Tahun 2023: Plaza Lagoi Bay Bintan Meriahkan Puncak Kegiatan

"Laporan tentang kebakaran ini diberitahukan oleh seorang warga kita yang melihat api, dan saya segera menuju lokasi untuk melaporkannya kepada Kepala Kelurahan dan pihak kepolisian," ungkap Rahman.

Lahan yang terbakar merupakan tanah kosong yang sudah tidak digarap lagi, milik seorang warga bernama Winanto. Namun, pemilik tanah saat ini sedang berada di luar Karimun.

Dulu, lahan tersebut digunakan sebagai perkebunan, tetapi sekarang sudah ditinggalkan. Di sebelah lahan yang terbakar, masih ada kebun sayuran milik warga.

"Yang terbakar adalah tanah yang sudah tidak digunakan, namun di sebelahnya masih ada kebun warga yang tidak terkena api," tambah Rahman.

Baca juga: Legislator Kepri Syahid Ridho Bangun Lapangan Olahraga di Perumahan Muka Kuning Batam

Api dapat dipadamkan setelah mobil kebakaran datang ke lokasi kejadian. Sehingga api tidak semakin meluas ke area lainnya.

Diketahui, pada saat yang bersamaan ada dua kejadian kebakaran lahan. Sehingga, membuat mobil pemadam mengalami keterlambatan.

"Karena ada dua kejadian di Kecamatan Tebing, sehingga terjadi keterlambatan pemadam, namun kami tadi berupaya memadamkan api dengan alat seadanya," ujar Bhabinkamtibmas Bangun Sari, Aiptu Didik di lokasi kebakaran.

Setelah api dapat dipadamkan secara total, pihak kepolisian akan menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

“Kita belum mengetahui penyebabnya,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews