Indonesia Dinobatkan Memiliki Angkatan Laut Terkuat Keempat Dunia Setelah AS-China-Rusia

Indonesia Dinobatkan Memiliki Angkatan Laut Terkuat Keempat Dunia Setelah AS-China-Rusia

Angkatan Laut Indonesia dinobatkan sebagai yang terkuat ke empat di dunia setelah AS, China dan Rusia (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Prestasi luar biasa dicapai oleh Indonesia dalam bidang pertahanan, khususnya angkatan laut. Indonesia dinobatkan sebagai angkatan laut terkuat ke empat di dunia.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) dalam Global Naval Power Ranking 2023.

Menurut sumber resmi, penilaian tahunan WDMMW mempertimbangkan berbagai aspek kekuatan tempur angkatan laut di seluruh dunia. Penilaian ini tidak hanya memperhitungkan jumlah kapal perang dan kapal selam, tetapi juga faktor-faktor seperti modernisasi, kemampuan serangan, dan infrastruktur pertahanan secara menyeluruh.

Baca juga: Al-Waleed 'The Sleeping Prince' Koma 18 Tahun, Maya Amhar: Masih Ada Harapan Sembuh Lewat Terapi Saraf

"Melalui penggunaan formula 'True Value Rating' (TvR), kami dapat memberikan penilaian yang komprehensif terhadap setiap kekuatan angkatan laut," demikian dijelaskan oleh WDMMW, sebagaimana dilaporkan oleh CNBC Indonesia pada Selasa (8/8/2023).

"Penilaian ini tidak hanya mempertimbangkan total armada, tetapi juga tingkat modernisasi, kemampuan dukungan logistik, serangan, dan lain-lain," tambahnya.

Posisi teratas dalam peringkat ini diduduki oleh Amerika Serikat (AS) dengan skor TvR tertinggi, yaitu 323,9. Angkatan Laut AS diakui memiliki keunggulan yang luas dalam berbagai aspek.

Baca juga: Optimalkan Pembangunan dan Capaian Program: Walikota Tanjungpinang Apresiasi Kerja Keras Perangkat Daerah

"Kekuatan Angkatan Laut AS sangat mendominasi dengan armada kapal induk yang menjadi kebanggaannya. Banyak produknya berasal dari basis industri AS yang besar," ungkap WDMMW.

China menduduki posisi kedua dengan skor TvR 319,8, sementara Rusia berada di posisi ketiga dengan skor 242,3.

Indonesia berhasil menempati posisi keempat dengan skor TvR 137,3. Prestasi ini bahkan mengatasi Korea Selatan (Korsel), yang berada di posisi kelima dan Jepang di peringkat ke enam.

WDMMW memberikan skor TvR 137,7 untuk Indonesia. Angkatan Laut Indonesia memiliki total 243 armada hingga Juli 2023, termasuk empat kapal selam, tujuh fregat, 25 korvet, sembilan kapal perang tambang, 168 kapal patroli lepas pantai, dan 30 kapal tempur amfibi.

Baca juga: Jejak Manis Kue Gegatas: Makanan Khas Kalteng yang Melekat di Kota Tanjungpinang

Meskipun demikian, lembaga ini mencatat bahwa Indonesia belum memiliki kapal induk, kapal jelajah, dan kapal penghancur. Meski begitu, keseragaman aset dalam kategori "menengah" menjadi ciri positif angkatan laut Indonesia.

Berikut adalah daftar 20 peringkat angkatan laut terkuat dunia menurut WDMMW:

1. Amerika Serikat (AS)
2. China
3. Rusia
4. Indonesia
5. Korea Selatan (Korsel)
6. Jepang
7. India
8. Prancis
9. Inggris
10. Turki
11. Italia
12. Taiwan
13. Mesir
14. Korea Utara (Korut)
15. Aljazair
16. Bangladesh
17. Spanyol
18. Jerman
19. Iran
20. Australia


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews