Jangan Terpengaruh Isu: Info WhatsApp Centang Biru Itu Asli

Jangan Terpengaruh Isu: Info WhatsApp Centang Biru Itu Asli

Belakangan ini beredar pesan berantai di grup WhatsApp tentang adanya info dari akun WA centang biru (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Beberapa hari belakangan ini tersebar pesan berantai tentang informasi dari akun WhatsApp centang biru. Dalam pesan itu, pengirim mengingatkan untuk tidak membuka pesan tersebut, karena dinilai pesan dari scammer.

Padahal info dari akun centang biru itu adalah informasi resmi dari WhatsApp.

Untuk diketahui WhatsApp telah menghadirkan akun resmi (official chat) di aplikasinya sejak awal tahun 2023. Pengguna WhatsApp yang mendapatkan pesan dari akun bernama "WhatsApp" tidak perlu kaget, karena ini adalah metode komunikasi resmi dari WhatsApp kepada penggunanya.

Baca juga: Mulai 10 Agustus BP Batam Berlakukan Tarif Bongkar Muat dan Pass Penumpang Pelabuhan Batu Ampar yang Baru

Akun resmi ini bertujuan untuk menyediakan informasi resmi dari WhatsApp, seperti tentang fitur baru, tips dan trik, penjelasan produk, dan berbagai hal lainnya.

Dikenali dengan nama pengguna "WhatsApp" dan disertai centang hijau di sampingnya, akun resmi ini telah terverifikasi. Deskripsi "Akun WhatsApp Resmi" juga tertera di bawah nama akun untuk memastikan statusnya.

Akun resmi WhatsApp memiliki foto profil berupa logo WhatsApp dengan ikon gelembung percakapan dan gagang telepon, dengan latar belakang hijau yang khas dari aplikasi pesan instan tersebut.

Baca juga: Cuaca Pekanbaru Hari Ini, Potensi Hujan Malam Hari

Perlu diingat, akun resmi WhatsApp beroperasi secara satu arah. Pengguna hanya dapat menerima pesan dari akun tersebut, tetapi tidak dapat membalas atau berinteraksi secara aktif.

Pengguna juga tidak diperbolehkan mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon ke akun resmi WhatsApp.

Akun resmi WhatsApp akan muncul dalam daftar obrolan pengguna. Jika pengguna merasa kurang nyaman atau ingin menyembunyikannya, mereka dapat mengarsipkan akun resmi WhatsApp untuk menyembunyikannya dari daftar obrolan.

Akun resmi WhatsApp telah diluncurkan sejak 20 Juli dan telah ditemui pada beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia, khususnya pada WhatsApp versi 2.23.15.78 untuk perangkat Android.

Baca juga: Peningkatan Kualitas Jurnalisme: PWI Riau Gelar Sosialisasi Kode Etik Wartawan di Batam

Selain akun utama WhatsApp, ada dua akun resmi lainnya, yaitu WhatsApp Support dan WhatsApp Survey.

WhatsApp Support hadir untuk membantu pengguna yang menghadapi masalah dengan akun mereka dan dapat dihubungi melalui nomor telepon +1-5517868.

WhatsApp Survey berfungsi untuk menerima survei yang ditujukan kepada pengguna dan dapat dihubungi melalui nomor +16505361212 atau +16508638904, sesuai informasi dari situs resmi WhatsApp.

Kedua akun resmi WhatsApp ini juga ditandai dengan centang hijau.

Baca juga: Presiden FIFA Gianni Infantino Akan Dianugerahi Bintang Jasa oleh Pemerintah Indonesia

Bagi pengguna WhatsApp, sangat penting untuk berhati-hati dalam berinteraksi dengan akun-akun yang mengaku sebagai WhatsApp tanpa memiliki centang hijau, karena kemungkinan besar itu adalah akun palsu. Menggunakan akun resmi WhatsApp adalah cara yang lebih aman dan terpercaya untuk berkomunikasi dengan WhatsApp.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews