Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023: Pendaftaran Dibuka hingga 17 Agustus!

Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023: Pendaftaran Dibuka hingga 17 Agustus!

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Mulai hari ini, Kamis (3/8), pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023 telah resmi dibuka. Kabar tersebut diumumkan melalui laman resmi Instagram @Puslapdikdikbud. Periode pendaftaran beasiswa ini akan berlangsung mulai dari 3 hingga 17 Agustus 2023.

Beasiswa Unggulan merupakan program pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) di perguruan tinggi.

Jenis Beasiswa Unggulan yang disediakan meliputi:

  1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi
  2. Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek
  3. Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas
  4. Beasiswa Penghargaan

Persyaratan pendaftaran untuk setiap jenis beasiswa berbeda-beda, menyesuaikan dengan kriteria masing-masing. Untuk calon penerima Beasiswa Masyarakat Berprestasi, persyaratan umum meliputi:

  • Memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/nonakademik tingkat internasional dan/atau nasional.
  • Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait.
  • Tidak sedang menerima beasiswa yang sejenis dari sumber lain.
  • Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama.
  • Diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi paling rendah B/Baik Sekali atau di Perguruan Tinggi di luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
  • Tidak berstatus sebagai dosen, guru, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya.
  • Berkomitmen untuk mempertahankan Indek Prestasi Semester (IPS) minimal 3,00 pada program Sarjana (S1), atau IPS minimal 3,25 pada program Magister (S2) dan Doktor (S3) selama menjadi penerima Beasiswa Unggulan.

Untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023, calon peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link resmi https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/. Setelah registrasi, calon peserta dapat login ke laman pendaftaran dan mengikuti langkah-langkah sesuai petunjuk untuk melengkapi proses pendaftaran.

Berkas-berkas yang diperlukan untuk pendaftaran antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Mahasiswa (khusus bagi yang sedang berstatus mahasiswa), Surat Penerimaan/Keterangan Lulus/LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi, ijazah dan transkrip nilai terakhir, serta sertifikat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek.

Bagi penerima Beasiswa Unggulan, diwajibkan untuk mempertahankan prestasi akademik dengan IPK minimal 3,25 pada program Magister (S2) dan Doktor (S3) selama menjadi penerima Beasiswa Unggulan.

Jadi, bagi putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang Sarjana, Magister, atau Doktor, jangan lewatkan kesempatan untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023. Segera daftarkan diri Anda melalui link resmi pendaftaran dan ikuti proses pendaftaran dengan baik. Semoga sukses dalam perjalanan pendidikan Anda dan dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia setelah menyelesaikan studi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews