700 Baju Pelampung dan 3 Unit Sampan Diberikan dari BAZNAS untuk Nelayan di Tanjungpinang

700 Baju Pelampung dan 3 Unit Sampan Diberikan dari BAZNAS untuk Nelayan di Tanjungpinang

Nelayan penerima pelampung dari BAZNAS Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pemko Tanjungpinang memberikan bantuan yang berarti bagi para nelayan di wilayah ini. Sebanyak 700 baju pelampung (life jacket) dan tiga unit sampan diserahkan kepada nelayan dalam acara yang berlangsung di Gedung Tun Fatimah, Senggarang, pada Rabu (26/7).

Rahma, perwakilan BAZNAS, menyampaikan bahwa bantuan ini berasal dari zakat yang dikumpulkan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Tanjungpinang. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang berhak menerimanya. Dalam sambutannya, Rahma mengungkapkan harapannya bahwa bantuan ini akan membantu sesama dan bermanfaat bagi para nelayan.

Baca juga : Matahari Terbenam Spektakuler di Taman Gurindam Tanjungpinang: Destinasi Nongkrong Populer

Tak hanya memberikan bantuan berupa life jacket, namun Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya keselamatan dan keamanan para nelayan. Rahma menegaskan bahwa memberikan kelengkapan keselamatan kerja seperti life jacket adalah salah satu bentuk nyata dalam upaya tersebut. Ia mengingatkan para nelayan untuk benar-benar menggunakan life jacket ini demi keselamatan kerja di laut, bukan sekadar pelengkap yang hanya diletakkan di atas kapal.

Rahma juga menjelaskan bahwa Pemko Tanjungpinang telah berusaha memfasilitasi nelayan dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan keselamatan kerja bagi pekerjaan yang berisiko tinggi. Bagi nelayan yang sudah terdata maupun yang belum terdaftar, mereka akan didaftarkan sesuai hasil pendataan yang dilakukan. Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, nelayan akan mendapatkan perlindungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau kecelakaan kerja, termasuk mendapatkan santunan bagi ahli waris jika diperlukan.

Baca juga : Menhan RI Serahkan Bantuan 40 Unit Sepeda Motor Trail Honda CRF 150 CC untuk Babinsa di Tanjungpinang

Lebih lanjut, Rahma menekankan bahwa Pemko Tanjungpinang juga mendukung dan memfasilitasi masyarakat dalam peningkatan ekonomi. Pelaku usaha kecil akan mendapatkan dukungan berupa pelatihan berwirausaha dan bantuan alat kebutuhan. Selain itu, Pemerintah juga berupaya untuk memenuhi kebutuhan para nelayan dalam upaya pemulihan ekonomi nelayan, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kota Tanjungpinang.

Rahma berharap agar bantuan yang diberikan dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik. Ia menegaskan pentingnya para nelayan menggunakan baju pelampung saat melaut sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan diri sendiri dan keluarga. Dengan demikian, diharapkan para nelayan dapat menjadi pekerja yang sehat dan memprioritaskan keselamatan dalam menjalankan tugasnya.

Acara penyerahan bantuan ini berlangsung dengan penuh suka cita, dan diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi para nelayan di Tanjungpinang. Semoga dengan adanya bantuan ini, keselamatan kerja para nelayan semakin terjamin dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews