Respons Sekda Kota Tanjungpinang terhadap Usulan Penghentian Kerjasama Pelindo dengan BUMD Kepri

Respons Sekda Kota Tanjungpinang terhadap Usulan Penghentian Kerjasama Pelindo dengan BUMD Kepri

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Zulhidayat

Tanjungpinang, Batamnews - Pembahasan penyesuaian tarif masuk pelabuhan antara DPRD dan PT. Pelindo I Tanjungpinang telah menyoroti permasalahan kerjasama bagi hasil antara Pemko dan Pelindo. Pada Rapat Dengar Pendapat di Ruang Rapat DPRD Kota Tanjungpinang, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, mewakili Pemko Tanjungpinang, menyatakan bahwa bagi hasil dari tarif masuk pelabuhan merupakan salah satu kontribusi Pelindo kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungpinang.

"Kita jangan lupakan semangat kita 5 tahun lalu tentang kerjasama bagi hasil ini," ujar Zulhidayat.

Baca juga : Lowongan Guru Biologi Multitalenta Viral di Nusa Tenggara Timur: Dicari Ahli Kempo, Mahir Musik, dan Menguasai IT

Namun, dalam kondisi saat ini, permasalahan muncul terkait bagi hasil antara Pemko Tanjungpinang dan PT Pelindo melalui PT TMB (Tanjungpinang Maritime Board) yang tidak memberikan dividen. Zulhidayat menyatakan bahwa pihak terkait harus melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengidentifikasi sumber permasalahan ini, apakah berasal dari sistem bagi hasil atau terkait manajerial.

"Tentu kita harus telusuri masalahnya, dan kami menduga masalahnya adalah terkait manajerial," ungkap Zulhidayat.

Terkait dengan isu ini, Pemko Tanjungpinang telah berusaha meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan mengganti Direksi PT TMB yang dinilai akan lebih berkualitas. Langkah ini diambil dalam upaya memperbaiki pendapatan dari PT TMB. Sebagai bentuk komitmen, direksi PT TMB yang tengah menjabat juga diminta untuk menandatangani pakta integritas.

Baca juga : Regulasi Pemanfaatan Potensi Tambang Pasir Laut: Kepulauan Riau Gelar Sosialisasi dan Konsultasi Publik Penerapan PP 26 Tahun 2023

"Wali Kota cuma meminta agar PT TMB bisa memperoleh keuntungan, dan ini kita minta dibuktikan melalui pakta integritas," jelasnya.

Meskipun dihadapkan pada beberapa permasalahan, Zulhidayat tetap optimis bahwa kepengurusan direksi PT TMB saat ini akan memberikan kemajuan yang lebih baik untuk perusahaan tersebut.

Pemerintah Kota Tanjungpinang dan PT Pelindo I Tanjungpinang sepakat untuk terus membahas dan mencari solusi terbaik guna meningkatkan kinerja PT TMB dan menjaga kelangsungan kerjasama bagi hasil demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews