Resmi! Bojan Hodak Jadi Pelatih Baru Persib Bandung Menggantikan Luis Milla: Ini Profilnya

Resmi! Bojan Hodak Jadi Pelatih Baru Persib Bandung Menggantikan Luis Milla: Ini Profilnya

Bojan Hodak asal Kroasi, resmi ditunjuk sebaga pelatih Persib Bandung menggantikan posisi Luis Milla (ilustrasi)

Batam, Batamnews -- Klub sepak bola Persib Bandung telah secara resmi mengumumkan Bojan Hodak sebagai pelatih baru mereka, menggantikan Luis Milla. Berikut adalah profil singkat Bojan Hodak yang akan menduduki posisi tersebut.

Bojan Hodak merupakan seorang pelatih berkebangsaan Kroasia yang lahir pada tanggal 4 Mei 1971 di Zagreb. Meskipun lahir di Kroasia, karier profesionalnya sebagai pemain dan pelatih lebih banyak dijalani di benua Asia.

Sebagai seorang pemain, Hodak bermain sebagai bek tengah dan memulai karier juniornya di tim Trnje dari tahun 1984 hingga 1990, sebelum kemudian berpindah ke Vrapce dari tahun 1990 hingga 1994.

Baca juga: Tragedi Maut: Pria Penebang Kayu di Batam Tewas Tersangkut di Atas Pohon Setinggi 20 Meter

Setelah itu, Hodak pindah-pindah klub, termasuk ke Hrvatski Dragovoljac dan Ponikve, sebelum akhirnya merantau ke Singapura untuk bergabung dengan Balstier Central pada tahun 1997. Setahun kemudian, ia bergabung dengan Jurong FC di liga yang sama.

Hodak kemudian merasakan bermain bersama Hong Kong Rangers pada tahun 1999 sebelum kembali ke Jurong. Ia akhirnya mengakhiri karier sebagai pemain di Kroasia bersama Trnje pada tahun 2002, ketika berusia 31 tahun.

Setelah pensiun sebagai pemain, Hodak memulai karier kepelatihannya. Klub Liga Malaysia, UPW MyTeam, menjadi klub pertama yang dilatihnya dari tahun 2006 hingga 2009.

Baca juga: Kebijakan Baru Bank Indonesia: QRIS Tanpa Biaya untuk Transaksi di Bawah Rp100 Ribu

Selanjutnya, Hodak ditunjuk sebagai pelatih klub Kamboja, Phnom Penh Crown, pada tahun 2011, sebelum menjadi asisten pelatih di klub Shandong Luneng selama empat bulan.

Ilmu yang didapatkannya dari China digunakan untuk kembali ke Malaysia, di mana ia melatih beberapa klub seperti Kelantan (2012-2013), Johor Darul Tazim (2014-2015), dan timnas Malaysia U-19 (2017-2019).

Selama melatih, Hodak berhasil meraih gelar Piala FA Malaysia dua kali dan satu gelar Malaysian Cup bersama Kelantan. Pengalamannya di sepak bola Asia Tenggara menarik minat PSM Makassar untuk merekrutnya sebagai pelatih untuk Liga 1 2020.

Sayangnya, pandemi Covid-19 mengakibatkan kompetisi terhenti dan memaksa Hodak untuk meninggalkan PSM Makassar pada September 2020. Setelah itu, ia kembali ke Malaysia untuk melatih Kuala Lumpur City FC pada tahun 2021.

Baa juga: Kasus PMI Ilegal di Batam: Imigrasi Ungkap Fakta dan Tiga Pelabuhan Jadi Sorotan

Hodak membawa Kuala Lumpur City FC ke final Piala FA Malaysia 2023, namun sayangnya mereka harus mengakui keunggulan Johor Darul Tazim dengan skor 2-0 dalam pertandingan tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews