Kabar Hoax Siswi SMA 4 di Batam Tewas Kecelakaan, Guru dan Siswa Sudah Siap-siap Melayat

Kabar Hoax Siswi SMA 4 di Batam Tewas Kecelakaan, Guru dan Siswa Sudah Siap-siap Melayat

Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di Batam. Beberapa hari terakhir info hoax kecelakaan menyebar dari pesan berantai. (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pesan berantai mengenai informasi adanya siswi SMA 4 Batam bernama Sifa yang tewas kecelakaan dengan cepat menyebar dari satu tangan ke tangan lainnya, melalui pesan dan percakapan di media sosial.

Bahkan menurut informasi, sejumlah guru dan siswa di Batam, sudah bersiap-siap untuk pergi melayat.

“Gara-gara kabar itu ada siswa dan guru sudah buru-buru mau pergi melayat, ternyata informasinya hoax,” ujar seorang warga Batam kepada batamnews.co.id, Rabu (13/1/2016).

Selain itu beberapa warga Batam juga sibuk mencari tahu kronologi kejadian tersebut. Namun belakangan baru diketahui kabar tersebut diduga sengaja disebarkan pihak tak bertanggungjawab.

Info itu dengan cepat menyebar melalui pesan berantai broadcast mesengger dan di grup-grup whatsapp.

Dalam pesan itu disebutkan siswi SMA yang tewas itu bernama Sifa. Ia menggunakan sepeda motor KH 378 LF, namun setelah dicek, info tersebut diduga menyesatkan. 

Namun dari kode kode nomor polisi kendaraan yang disebarkan ternyata bukan kode wilayah Batam.  

Dalam pesan yang beredar itu, pengirim pesan juga meminta pesan itu diteruskan agar cepat diketahui pihak keluarga.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Andar Sibarani yang dikonfirmasi terkait kabar tersebut menyebutkan informasi itu menyesatkan. Andar mengatakan, tidak benar ada kecelakaan maut di Simpang Lampu Merah Pelita, Kecamatan Lubuk Baja, Batam. 

"Tidak ada saya mendapat laporan lakalantas tersebut," ujar Andar Sibarani, saat dihubungi melalui telepon, Selasa (12/1/2016) sekira pukul 21.00 WIB.

Pesan berantai itu sudah beredar sejak pagi hingga malam masih hangat diperbicangan di grup-grup WA, BBM hingga di jejaring sosial Facebook.

Beberapa waktu lalu, pihak kepolisian mengingatkan, bagi siapa yang menyebarkan info menyesatkan bisa dikenak UU ITE. 

Begini bunyi pesan menyesatkan tersebut:

Yg skolah di Sma 4 siapaa tau ad yg knal s'orang cwe k'clakaan di simpang 4 lampu merah Pelita. Plat motor nya KH3787LF, Meninggal Di tempat N kluarga nya Blum ada yg Tau atas nama SIFA maaf bc.. bagi tman2 tolong terus in bc agar sampai ke keluarga korban.

Baca juga:

Kasat Lantas Polresta: Kabar Siswi SMA 4 Tewas Kecelakaan di Batam Itu Menyesatkan

 

[snw/edo]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews