Orangtua Wajib Tahu! Pengedar Narkoba Incar Konsumen Balita, Ini Modusnya

Orangtua Wajib Tahu! Pengedar Narkoba Incar Konsumen Balita, Ini Modusnya

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Para orangtua wajib mewaspadai mdous para bandar dan pengedar narkoba. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tren pengguna narkoba saat ini terus berubah bahkan menyasar anak usia lima tahun atau balita sebagai target konsumen para pengedar.

"Tren pengguna narkoba sudah menurun pada usia balita atau lima tahun. Ini berhubungan dengan tingginya tingkat kriminalitas," kata Khofifah di Surabaya, Minggu (10/1/2016).

Modus yang digunakan para pengedar adalah dengan mendekati anak-anak dan memberikan obat terlarang tersebut secara gratis.

"Pertama diberi gratis, kedua, ketiga diberi gratis, keempat setelah si anak ketagihan mulai diajarkan untuk mengambil barang orang lain," katanya.

Misalnya yang terdekat mengambil uang yang ada di dompet ibu mereka sehingga lama-kelamaan akan menjadi tindak kriminalitas.

Begitu juga dengan para remaja yang diberi narkoba pada awalnya secara gratis, setelah kecanduan akan disuruh untuk mengambil barang atau mencuri, misalnya mencuri motor, tambah Khofifah.

Karena itu, orang tua harus mengawasi pergaulan anak dan mengetahui perkembangan narkotika serta ciri-ciri orang yang kecanduan.

Saat ini pemerintah sangat serius untuk menangani masalah peredaran gelap narkotika bahkan sejak 2015 menargetkan merehabilitasi 100.000 korban penyalahgunaan narkotika.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews