Cen Sui Lan: Pembangunan 2 Jembatan di Serasan Natuna Masuk Batch 2 Tahun Anggaran 2023

Cen Sui Lan: Pembangunan 2 Jembatan di Serasan Natuna Masuk Batch 2 Tahun Anggaran 2023

Cen Sui Lan (kemeja hijau batik), naik ke pompong di pelantar rakyat saat reses ke pulau-pulau di Kabupaten Lingga. (Foto: ist)

Natuna, Batamnews - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan, mengumumkan bahwa pembangunan dua jembatan di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, akan dimasukkan dalam batch 2 tahun anggaran 2023.

Diperkirakan, anggaran pembangunan dua jembatan tersebut di lokasi yang terkena bencana longsor akan dialokasikan pada bulan Agustus 2023 mendatang. Pengumuman ini disampaikan oleh Cen Sui Lan kepada media pada Rabu (5/7/2023) lalu.

Sebelumnya, ia menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI. RDP tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Balai di Indonesia yang berada di bawah naungan Dirjen Bina Marga, yang berlangsung pada Selasa (4/7/2023) di Senayan, Jakarta.

Baca juga: Cen Sui Lan Takjub Lihat Pagoda Tertinggi di Indonesia Ada di Kepri

Dalam kesempatan tersebut, Cen Sui Lan melaporkan kepada Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Dr. Ir. Hedy Rahadian, MSc, bahwa pembangunan di Kepulauan Riau telah berjalan dengan baik. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Bina Marga dan seluruh jajaran Kementerian PUPR atas dukungannya.

"Selama ini, pembangunan di Kepri berjalan dengan lancar. Apalagi Kepala Balai BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Pak Stanley Cicero, telah memberikan kontribusi yang luar biasa. Saya berharap beliau tetap berada di Kepulauan Riau karena masih diperlukan," ujar Cen Sui Lan yang juga merupakan peraih penghargaan Golkar Media Awards 2023 Kategori Konten Terbaik.

Namun, Cen Sui Lan mempertanyakan kepada Dirjen Bina Marga mengenai usulan pembangunan melalui jalur Inpres, khususnya usulan pembangunan dua jembatan di Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

"Saya kurang mengerti apakah perhitungan pembagian fiskal sedang atau tinggi. Yang saya tahu, Menteri sudah mengunjungi Kabupaten Natuna, termasuk daerah bencana longsor. Kami mengajukan dua paket pembangunan jembatan melalui jalur Inpres, tetapi tidak lolos untuk kegiatan tahun 2023. Alasannya, saya tidak tahu apakah fiskalnya dianggap tinggi atau ada alasan lain," jelas Cen Sui Lan.

Baca juga: Cen Sui Lan Berbagi Harapan: Beasiswa dan Bedah Rumah untuk Ibu-Ibu di Batam

"Oleh karena itu, saya berharap agar dalam periode batch 2, dua paket pembangunan jembatan di Serasan dapat disetujui. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus dari Dirjen Bina Marga," tambahnya.

Pada awal Maret 2023, Cen Sui Lan bersama Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono dan Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau lokasi bencana longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna. Dalam kunjungan kerja tersebut, pejabat eselon 1 dari Kementerian PUPR dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) juga turut serta.

Setelah rapat koordinasi dengan kepala daerah (Bupati Natuna), Menteri PUPR, dan Menko PMK, diputuskan untuk segera membangun rumah instan yang sehat, sederhana, dan aman di wilayah tersebut. Selain itu, Cen Sui Lan juga membawa aspirasi mengenai pembangunan dua jembatan di Serasan, Natuna.

"Dalam RDP dengan Dirjen kemarin, Insya Allah, anggaran untuk pembangunan dua jembatan di Serasan, Natuna, akan dimasukkan dalam batch 2 Agustus 2023 mendatang," demikian yang disampaikan Cen Sui Lan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews