INFOGRAFIS: Inflasi di Kepri Juni 2023 Terendah se-Sumatera

INFOGRAFIS: Inflasi di Kepri Juni 2023 Terendah se-Sumatera

(Grafis: Diko/Batamnews)

Batam, Batamnews - Inflasi bulan Juni 2023 di gabungan 2 Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Kepulauan Riau sebesar 0,49% (mtm). Inflasi tersebut disebabkan oleh peningkatan tarif angkutan udara dan permintaan yang meningkat terkait Hari Raya Idul Adha.

Harga bensin mengalami penurunan, sedangkan harga emas perhiasan mengikuti harga internasional. Kota Batam dan Kota Tanjungpinang mengalami inflasi masing-masing sebesar 0,52% (mtm) dan 0,29% (mtm).

Inflasi tahun kalender (Juni 2023 dibandingkan Desember 2022) di Kepulauan Riau sebesar 0,62% (ytd), merupakan yang terendah diantara 10 provinsi se-Sumatera.

Inflasi tahunan (Juni 2023 dibandingkan Juni 2022) mencapai 2,64% (yoy), sesuai dengan target inflasi nasional 3%±1%. Keberhasilan pengendalian inflasi merupakan hasil konsistensi, inovasi, dan sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Kepulauan Riau.

TPID melakukan pemantauan distribusi dan ketersediaan kebutuhan pokok, serta melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM). Pasar murah telah dilaksanakan di 12 titik di 5 daerah di Kepulauan Riau.

TPID membentuk gerai tani di Kabupaten Natuna yang dikelola oleh kelompok petani muda. TPID akan memperkuat Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) melalui program tanam pekarangan dan kompetisi kreasi menu makanan.

Simak infografis berikut.

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews