65 Mobil Hias Mewarnai Malam Pawai Takbir Idul Adha 2023 di Batam

65 Mobil Hias Mewarnai Malam Pawai Takbir Idul Adha 2023 di Batam

Pawai takbiran menyambut Idul Adha 1444 hijriyah di Kota Batam disemarakan 65 mobil hias (dennirisman)

Batam, Batamnews - Sebanyak 65 mobil hias memberikan semarak pada malam pawai takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Rabu (28/06) malam.

Dataran Engku Hamidah menjadi tuan rumah pawai takbiran yang memikat ribuan massa. Jalan-jalan sekitar sempat terjebak kemacetan akibat antusiasme masyarakat yang ingin menyaksikan pawai takbiran tersebut.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, "Ini merupakan salah satu cara kita menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya."

Baca juga: Pawai Obor di Desa Kelong Bintan: Bupati Roby Kurniawan Gemakan Takbir Idul Adha dari Pesisir Pulau 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan, menambahkan bahwa jumlah peserta pawai mobil hias mencapai 65 peserta.

Para peserta pawai tersebut akan bersaing untuk memperebutkan hadiah total sebesar Rp36 juta yang disediakan oleh Pemerintah Kota Batam.

Rute pawai takbiran kali ini sama dengan rute pawai takbir Idul Fitri yang dilaksanakan sebelumnya, dimulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Simpang Tembesi.

Baca juga: Nikmati Kelezatan Sate Kambing dengan Berbagai Variasi Bumbu Kambing Khas Idul Adha

Terdapat beberapa kriteria lomba mobil hias pada tahun ini. Pertama, menggunakan mobil pick up atau lori dengan maksimal enam roda. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dengan jarak 50 sentimeter dari permukaan aspal. Ketiga, peserta pawai terdiri dari tujuh hingga 10 orang.

Selain itu, peserta diperbolehkan menampilkan logo dan slogan, dimensi hiasan kendaraan disesuaikan dengan jenis kendaraan, dan konstruksi hiasan dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan berlalu lintas.

Baca juga: Aliansi Driver Online Batam Menghimbau Taksi Online Patuhi Titik Jemput Sementara di Bandara Hang Nadim

Selain itu, kriteria penilaian lainnya meliputi takbir, lafaz dan suara, dekorasi kendaraan yang sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta, serta keteraturan dalam berlalu lintas.

Semoga pawai takbiran ini dapat mempererat tali silaturahmi dan memperindah perayaan Hari Raya Idul Adha di Kota Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews