Waspada untuk Pemilik Kenderaan di Medan: Kasus Pencurian Ban berserta Pelek Mobil Makin Marak

Waspada untuk Pemilik Kenderaan di Medan: Kasus Pencurian Ban berserta Pelek Mobil Makin Marak

Pencurian ban beserta pelek terhadap mobil sedang parkir di Medan makin marak (tangkapan layar)

Medan, Batamnews - Video mengenai aksi pencurian ban mobil di Kota Medan, Sumatera Utara, sedang menjadi viral di media sosial. Insiden ini bukan hanya terjadi sekali, melainkan beberapa pemilik mobil menjadi korban. 

Salah satu video yang diunggah oleh akun Instagram Medan Talk pada Selasa (28/6/2023) menunjukkan mobil Honda Mobilio putih kehilangan dua ban dan pelek saat terparkir di kawasan Petisah, Medan. Pelaku bahkan menggunakan batu untuk mengganjal mobil tersebut.

Kejadian serupa juga terjadi di kota Medan, di mana pemilik mobil kehilangan satu ban saat sedang beribadah di gereja. 

Baca juga: Ditangkap Polisi di Medan, Okvi Rinaldi Nekat Bawa 10 Kg Sabu dalam Mobil

Kasus pencurian ban seperti ini bukan yang pertama kali terjadi, oleh karena itu, pemilik kendaraan perlu meningkatkan kewaspadaan agar kejadian serupa tidak terulang.
 
Zulpata Zainal, Manajer Uji Kendaraan di PT Gajah Tunggal Tbk, menjelaskan bahwa para pencuri memiliki kemampuan untuk membongkar set ban dan pelek kendaraan dengan cepat. 

"Para pencuri umumnya lebih canggih dalam melancarkan aksi mereka. Mereka mampu membuka set ban dan pelek kendaraan dalam waktu kurang dari 3 menit, hanya dengan menggunakan kunci roda biasa," ujar Zulpata seperti dilansir oleh Kompas pada Rabu (28/6/2023). 

Baca juga: Gubernur Ansar Jadi Khatib Shalat Idul Adha di Lapangan Pamedan Tanjungpinang Kamis 29 Juni

"Terlebih lagi, saat ini terdapat alat portabel seperti Impact Wrench yang menggunakan baterai, sehingga memudahkan aksi pencurian. Juga, sudah banyak dijual dongkrak elektrik," tambahnya.

Oleh karena itu, Zulpata menyarankan pemilik mobil untuk tetap waspada, terutama saat memarkir kendaraan. 

"Pilih tempat parkir yang ramai seperti dekat pos penjagaan atau pintu keluar. Aktifkan alarm guncangan dan tambahkan baut roda yang dapat dikunci," saran Zulpata.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews