Revitalisasi Bedok Reservoir: Pusat Olahraga Air Baru SIngapura yang Ramah Disabilitas

Revitalisasi Bedok Reservoir: Pusat Olahraga Air Baru SIngapura yang Ramah Disabilitas

Bedok Reservoir yang baru selesai di renovasi menjadi pusat olahraga air Singapura yang ramah dengan disabilitas (tangkapan layar/st)

Singapura, Batamnews - Bedok Reservoir kini memiliki fasilitas multi-guna seluas 3.000 kaki persegi untuk para pecinta olahraga air dan kebugaran, termasuk bagi mereka yang memiliki disabilitas. Mereka sekarang dapat dengan lebih mudah terlibat dalam aktivitas seperti kayaking dan kanoeing.

PAssion Wave @ Bedok Reservoir, yang resmi dibuka pada hari Minggu (25/6/2023), memiliki sebuah gudang perahu baru dan titik peluncuran kayak tanpa hambatan pertama di Singapura.

Baca juga: Tambah Jadwal Konser, Taylor Swift Akan Tampil di Singapura dengan Enam Pertunjukan Total di Tahun 2024

Sebelumnya, pengguna kursi roda membutuhkan bantuan dari rekan-rekan pengayuh kayak untuk membantu mereka meninggalkan kursi roda dan naik ke ponton tempat kayak berlabuh. Mereka juga membutuhkan seseorang yang menahan kayak saat mereka dibantu masuk ke dalam perahu.

Namun, dengan adanya titik peluncuran kayak tanpa hambatan, mereka dapat memasuki ponton dengan menggunakan kursi roda mereka sendiri, dan menggunakan "sistem transfer aksesibilitas" untuk masuk ke dalam kayak secara mandiri.

Proses ini melibatkan meluncur keluar dari kursi roda ke sebuah bangku, kemudian meluncur ke ujung, di mana mereka menarik keluar sebuah perpanjangan yang melintang di atas kokpit kayak.

Baca juga: Singapura Menjadi Pusat Konser Regional, Fasilitas Venue Kelas Dunia, Coldplay dan Taylor Swift Konser Lebih Satu Hari

Kayak akan ditempatkan di antara rel sehingga tidak bergoyang-goyang, dan orang dengan disabilitas dapat dengan nyaman menurunkan diri ke dalam kayak. Setelah duduk, mereka dapat meluncurkan kayak ke air dengan menarik diri mereka sendiri sepanjang rel.

Bedok Reservoir juga punya simulator dalam ruang yang terbesar (tangkapan ;layar/st)

Michael Lee Kah Poh, seorang sopir forklift berusia 60 tahun yang lahir dengan polio, memulai perjalanan kayakingnya pada awal 2023, dan mencoba titik peluncuran kayak tanpa hambatan untuk pertama kalinya pada hari Minggu.

Masuk ke dalam kayak menjadi lebih mudah di sana, karena ia tidak perlu terlebih dahulu turun ke lantai sebelum pindah ke dalam perahu, katanya.

Baca juga: Supermoon Pertama Tahun Ini akan Menerangi Langit Singapura pada 3 Juli

Ia menambahkan bahwa ia bersemangat untuk mengajak teman-temannya mencoba titik peluncuran kayak tanpa hambatan yang baru, dan berharap ketika teman-temannya melihatnya bermain kayak, mereka juga tertarik untuk memulainya.

Orang-orang dengan disabilitas juga dapat menikmati aksi olahraga tim dragon boating dengan menggunakan simulator dalam ruangan di PAssion Wave.

Baca juga: Chopstix and Rice, Restoran Padang di Singapura yang Memikat Hati Para Selebriti

Simulator ini terdiri dari sebuah tangki air fiberglass biru sepanjang 5 meter, yang dapat menampung lima orang pengayuh di setiap sisi. Hal ini memungkinkan para penggemar dan olahragawan yang bersifat kompetitif untuk mengasah teknik dayung mereka dalam lingkungan yang terkendali.

Tony Leong, ketua Komite PAssion Wave Outreach di North East District Singapura, seperti dilansir straitstimes, Senin (26/6/2023), mengatakan bahwa ini memungkinkan pelatihan berlanjut saat cuaca buruk.

"Simulator ini juga memungkinkan orang-orang dengan disabilitas untuk terlibat dalam pelatihan dragon boat," tambah Leong, yang juga menjadi relawan di Awesome Steadfast Dragons, kelompok minat dragon boat inklusif yang terbentuk oleh orang-orang dengan disabilitas dan relawan.

Dalam acara peluncuran pada hari Minggu, orang-orang dengan disabilitas, relawan, dan kelompok inklusif lainnya berlomba di perahu dragon boat di Bedok Reservoir, dengan balapan yang diawali oleh Eric Chua, Sekretaris Parlemen Senior untuk Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda serta Pembangunan Sosial dan Keluarga Singapura. Chua juga berpartisipasi sebagai drummer untuk salah satu tim.

Ms. Yip Pin Xiu, peraih lima medali emas Paralimpiade dan anggota Komite Penasehat PAssion Wave, mengatakan bahwa orang-orang dengan disabilitas akan sangat diuntungkan oleh akses dan peluang yang lebih baik dalam olahraga air.

"Hal ini dapat membantu membangun harga diri dan rasa percaya diri mereka, serta meningkatkan sosialisasi di antara komunitas," katanya.

Choe Peng Sum, yang menjabat sebagai ketua Komite Penasehat PAssion Wave, mengatakan bahwa pusat yang telah direvitalisasi bertujuan untuk memberikan akses terpadu yang lebih baik bagi berbagai komunitas dengan menyatukan mereka melalui minat bersama dalam olahraga air.

"Titik peluncuran kayak tanpa hambatan ini menghilangkan batasan dan memupuk persahabatan antara orang-orang dengan disabilitas dan teman-teman mereka," katanya.

Ia berharap pusat ini akan menarik orang-orang dengan berbagai kemampuan dari komunitas sekitarnya untuk bermain bersama, sebagai upaya membangun masyarakat yang lebih inklusif.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews