FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17; Ini Kata Erick Thohir

FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17; Ini Kata Erick Thohir

Erick Tohir tidak bisa menyembunyikan kegembiraan usai FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan Peru. Fofo fiatas saat Erick bersama Presiden FIFA (internet)

Batam, Batamnews - Setelah sebelumnya kehilangan hak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, FIFA memberikan kesempatan kedua kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Keputusan ini diambil dalam pertemuan Dewan FIFA  (FIFA Council) pada hari Jumat (23/6/2023).

"Dalam Pernyataan Resmi mereka, FIFA menuliskan bahwa Piala Dunia U-17 tahun ini akan diselenggarakan di Indonesia."

Indonesia dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun 2023 menggantikan Peru. FIFA menilai bahwa negara Amerika Latin tersebut tidak siap dalam hal infrastruktur untuk menjadi tuan rumah.

Baca juga: Peringkat FIFA Terkini Timnas Indonesia dan Malaysia: Tertahan di Posisi Masing-Masing

Keputusan ini disambut dengan sukacita oleh masyarakat Indonesia, terutama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya mendengar kabar tersebut. Baginya, ini merupakan kabar baik setelah sebelumnya Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah, karena Dewan FIFA telah memutuskan bersama untuk menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini adalah salah satu bentuk kepercayaan dunia terhadap Indonesia," kata Erick Thohir pada Jumat (23/6/2023).

Erick Thohir menyatakan bahwa dia baru mengetahui keputusan tersebut saat FIFA merilis hasil pertemuan.

Baca juga: Resmi! Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

"Saya belum menerima pemberitahuan resmi secara tertulis. Ini adalah pengumuman yang diambil dari hasil pertemuan Dewan FIFA pada Jumat malam di Zurich. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik," ujar Erick Thohir.

Piala Dunia U-17 2023 direncanakan akan berlangsung dari tanggal 10 November hingga 2 Desember. Namun, hingga saat ini FIFA belum mengumumkan tanggal pasti pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah.

Piala Dunia U-17 terakhir diadakan pada tahun 2019. Meskipun seharusnya turnamen ini berlangsung setiap dua tahun, edisi tahun 2021 harus dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Wajah Baru Bintan Triathlon by Trifactor 2023 Siap Digelar

Pada edisi terakhir, Brasil sebagai tuan rumah berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Meksiko dengan skor 2-1 di pertandingan final.

Selain itu, dalam pertemuan Dewan FIFA tersebut, juga diumumkan beberapa tuan rumah turnamen di bawah naungan FIFA. Kolombia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U-20 2024, Republik Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U-17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews