Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim Batam, PT BIB Masih Menunggu Persetujuan Design BP Batam

Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim Batam, PT BIB Masih Menunggu Persetujuan Design BP Batam

PT Bandara Internasional Batam (BIB) masih menunggu persetujuan desain proyek Terminal II Bandara Hang Nadim dari BP Batam (ilustrasi)

Batam, Batamnews - PT Bandara Internasional Batam (BIB) Kepulauan Riau sedang menunggu persetujuan design dari BP Batam untuk melanjutkan proyek pembangunan Terminal II di Bandara Hang Nadim.

Aidhil Julian, Humas PT BIB, menyatakan bahwa saat ini belum ada perkembangan yang dapat diumumkan terkait proyek tersebut. Pihak BIB masih menunggu persetujuan design yang telah diajukan.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam Targetkan Buka Rute Menuju 33 Provinsi di Indonesia, Terbaru 5 Rute

"Kami saat ini sedang menunggu persetujuan final design yang akan disetujui oleh BP Batam. BIB telah mengajukan final design, jadi saat ini kami masih menunggu tinjauan dari BP Batam," ungkapnya pada Jumat (9/6/2023).

Hal yang sama berlaku untuk ground breaking. Waktu pelaksanaannya masih belum dapat ditetapkan karena masih dalam tahap komunikasi dengan BP Batam.

Baca juga: Leli Marlina, Atlet Tenis Meja Asal Kuansing Riau Raih Tiga Emas di ASEAN Para Games 2023

"Ya, karena ini adalah satu kesatuan. Saat ini kami masih menunggu persetujuan design terlebih dahulu," kata Aidhil.

Lebih lanjut, Aidhil menjelaskan bahwa seluruh fasilitas di Terminal II Bandara Hang Nadim Batam akan berbeda dari Terminal I. Dari segi teknologi hingga penggunaan listrik, akan menggunakan teknologi terbarukan.

Penggunaan teknologi yang akan dikembangkan di Terminal II akan ramah lingkungan. Terminal tersebut akan mengoptimalkan pemanfaatan energi matahari untuk kebutuhan listrik.

Baca juga: DPRD Kalimantan Tengah Kunjungi BP Batam: Bahas Pengelolaan Pelabuhan dan Infrastruktur

"Selain itu, kami juga akan menerapkan teknologi metaverse untuk memberikan pengalaman unik di bandara. Metaverse tidak hanya ditujukan bagi pengunjung, tetapi juga bagi mereka yang ingin memasuki bandara dan dapat langsung menggunakan teknologi metaverse," jelasnya.

Dalam hal sistem IT, PT BIB akan mengintegrasikan penggunaan Airport Operation Control Center (AOCC), yang merupakan pusat kontrol untuk memantau aktivitas operasional di sisi udara dan sisi darat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews