31 Mahasiswa Politeknik Bintan Cakrawala Diwisuda, Lulus Kuliah Langsung Bekerja

31 Mahasiswa Politeknik Bintan Cakrawala Diwisuda, Lulus Kuliah Langsung Bekerja

Bintan - Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) melaksanakan wisuda perdananya di Auditorium Wisma PT BIIE, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Selasa (8/11/2022).

Wisudana perdana ini disaksikan secara langsung oleh Sekda Kepri Adi Prihantara, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepri Luki Zaiman. Lalu Ketua Yayasan Bintan Resort Aditya Laksamana, Vice President Director PT BRC Frans Gunara, CEO Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bintan, Wan Rudi Iskandar, manajemen PT BIIE, LAM Bintan serta pengurus Kampus PBC.

Dalam acara ini, 31 mahasiswa yang diwisuda. Mereka merupakan mahasiswa program studi (prodi) D3 Seni Kuliner sebanyak 16 wisudawan/ti dan D3 Perjalanan Wisata sebanyak 15 wisudawan/ti.

Wisuda perdana yang mengusung tema “Berpikir Global, Berbudaya Lokal, Bekerja Optimal” ini juga berhasil membuat lulusannya diterima bekerja di beberapa hotel kelas internasional. Baik yang berada di Kawasan Pariwisata Lagoi maupun Batam.

Diantaranya PT. BRC, Bintan Inti Executive Village, Club Med Bintan, The Sanchaya Bintan, Cassia Bintan, Banyan Tree Bintan, Nikoi Private Island, dan Best Western Premier Panbil (Batam).

Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, PBC yang merupakan  perguruan tinggi vokasi kepariwisataan ini mulai perkuliahan perdana pada 2019. Sehingga pada 2022 ini ada sebanyak 31 mahasiswa yang selesai mengenyam bangku D3 dan mereka adalah lulusan PBC angkatan pertama.

"67 persen mahasiswa yang baru di wisuda hari ini sudah mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan maupun hotel dan resort. Sebagian juga ada yang memilih untuk membuka usaha secara mandiri. Karena ketika berkuliah mereka dididik untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja," katanya.

Meskipun PBC merupakan kampus baru namun memiliki banyak prestasi yang sangat membanggakan. Diantaranya untuk prestasi regional meliputi Juara 2 lomba Table top Batam Culinary Fest 2020, Juara 1 lomba essay ASPARNAS Kepri 2021, Juara 2 lomba guiding museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah oleh Dispar Kota Tanjung Pinang 2021, Juara 1 lomba video pendek PT. ESCO 2021, Juara 1 lomba Table top SMT Fest 2022, Juara 2 Duta Bahasa Kepri 2021, Juara 2 Duta Bahasa Kepri 2022.

Untuk prestasi nasional Juara 2 olahan kuliner pada event pekan Kreativitas Pemuda oleh Kemenpora 2022 serta prestasi Internasional yaitu Perwakilan Indonesia pada event Dubai Expo 2020 dan Perwakilan Indonesia pada event World Cup Qatar 2022.

Dibalik kesuksesan mahasiswa/i Politeknik Bintan Cakrawala, ada peran DUDI (Dunia Usaha dan Industri) dalam hal pengajaran. Hal ini dikarenakan tenaga pengajar di PBC bukan hanya berasal dari akademisi, namun juga berasal dari praktisi yang masih berkecipung di dunia usaha dan industri sehingga mahasiswa terus mendapatkan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan trend di dunia kepariwisataan.

Sekda Kepri, Adi Prihantara, mengatakan kedua prodi itu memberikan arti yang penting bagi Provinsi Kepri karena  pariwisata merupakan sektor unggulan dan mereka inilah SDM berdaya saing tinggi yang disiapkan untuk membangkitkan pariwisata di Kepri.

"Pemprov Kepri sangat berterimakasih dengan PBC karena melahirkan SDM yang berkualitas tinggi untuk membangkitkan sektor pariwisata kita," ujar Adi.

Dia juga mengucapkan berterimakasih kepada seluruh pemerintah daerah di 7 kabupaten/kota. Karena telah memberikan beasiswa kepada putra putri daerah untuk berkuliah di PBC. Dengan begitu peningkatan SDM di Provinsi Kepri dapat terwujud.

Pemprov Kepri melalui APBD setiap tahunnya juga memberikan beasiswa kepada masyarakat. Baik yang berprestasi maupun yang kurang mampu. Mereka dapat berkuliah secara gratis di kampus yang berada di wilayah Kepri maupun di luar Kepri.

Diharapkan kedepannya sebagai generasi milenial segera beradaptasi. Lalu berkreasi dan berinovasi dengan potensi yang dimiliki. Dengan begitu dapat terwujud Indonesia Emas 2025.

  • Pengurus Kampus PBC, Perwakilan Perusahaan Gallant Venture Pte Ltd dan PT BRC serta Pejabat Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan foto bersama Wisudawan dan Wisudawati.

  • Direktur PBC Emilia Ayu Dewi Karuniawati melakukan prosesi wisuda perdana mahasiswa PBC.

  • Wisudawan dan Wisudawati PBC Prodi D3 Seni Kuliner dan D3 Perjalanan Wisata.

  • Ketua Yayasan Bintan Resorts, Aditya Laksamana memberikan kata sambutan.

  • Sekda Pemprov Kepri, Adi Prihantara memberikan kata sambutan.

  • Sekda Pemprov Kepri Adi Prihantara, CEO Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park, dan Direktur PBC Emilia Ayu Dewi Karuniawati foto bersama Wisudawati PBC.

  • Vice President Director PT BRC Frans Gunara memberikan cinderamata kepada Sekda Pemprov Kepri Adi Prihantara

  • PBC memberikan penghargaan kepada Pencipta Langgam Gurindam Pulau Penyengat, Raja Haji Aburrahman Djantan.

  • Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bintan, Wan Rudi Iskandar menerima cinderamata.

  • Pencipta Langgam GurindamPulau Penyengat, Raja Haji Aburrahman Djantan dan Pengaransemennya, Hery Kristian Buana Tanjung dari Universitas Universal Batam foto bersama.

  • Para hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

  • Penampilan grup paduan suara dari Yayasan Bintan Resorts

  • Sekda Pemprov Kepri Adi Prihantara mengambil tepak sirih sebagai adat pembuka acara.

  • Ketua Yayasan Bintan Resorts Aditya Laksamana, Sekda Pemprov Kepri Adi Prihantara, Vice President Director PT BRC Frans Gunara, CEO Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bintan Wan Rudi Iskandar dan tamu undangan.

  • Kedatangan Ketua Yayasan Bintan Resorts Aditya Laksamana dan Sekda Pemprov Kepri Adi Prihantara disambut Grup Kompang dan Tarian Melayu.

close

Aplikasi Android Batamnews