Bupati Bintan Sambut Kedatangan Menteri Luhut dan Menteri Edhy Mengunjungi KEK Galang Batang

Bupati Bintan Sambut Kedatangan Menteri Luhut dan Menteri Edhy Mengunjungi KEK Galang Batang

Bintan - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Maves) Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Edhy Prabowo mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (2/7/2020).

Mereka berdua meninjau langsung proses pembangunan KEK Galang Batang dengan tujuan agar KEK Galang Batang dapat beroperasi secepat mungkin.

Dia juga meminta kepada pengelola PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk dapat menyiapkan anak-anak lokal bekerja di KEK Galang Batang.

Gubernur dan Bupati juga harus membantu apapun yang dibutuhkan di kawasan ini. Karena dengan adanya investasi asing ini telah membuka lapangan pekerjaan dan mendatangkan pekerjaan ke kawasan ini.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan bahwa Pemkab Bintan dan PT BAI sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait pemanfaatan tenaga kerja lokal.

Adapun ruang lingkupnya mulai dari perencanaan pelatihan, pelaksanaan rekrutmen dan seleksi calon tenaga kerja, penyiapan tenaga kerja berkopetensi, penyebarluasan informasi pasar kerja dan penempatan lulusan pelatihan kerja yang diselenggarakan.

"Nota kesepahaman dibuat, yang nantinya juga akan diterapkan pada seluruh perusahaan di Bintan, agar nantinya warga Bintan tidak jadi penonton," katanya.

Menurutnya, keberadaan PT BAI, memiliki banyak peluang mulai dari smelter pengolahan bauksit jadi aluminium, produksi jadi zigot atau aluminium batangan dan industri susulan nantinya.

"PT BAI selaku pemilik proyek sudah beroperasi, dalam waktu dekat diminta mempercepat running PLTU dan pabrik smelter, juga tadi dibahas terkait percepatan dibukanya kembali kawasan pariwisata Lagoi," ucapnya.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi beserta FKPD Bintan, Manajemen PT BAI foto bersama Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi beserta FKPD Bintan, dan Manajemen PT BAI menyambut kehadiran Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi memberikan penghormatan kepada Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi berbincang-bincang dengan Kepala OPD dan Manajemen PT BRC dan PT BIIE.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi dan  bersama Manajemen PT BAI mendampingi Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menuju KEK Galang Batang.

  • Dirut PT BAI, Santoni memaparkan master plan investasi industri di KEK Galang Batang.
     

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mendengarkan pemaparan pembangunan industri dari Dirut PT BAI, Santoni.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi mendengarkan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan masukan kepada Dirut PT BAI, Santoni.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mendengarkan pemaparan dari perwakilan perusahaan Nanshan.

  • Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan pemahaman terkait investasi kepada Bupati Bintan, Apri Sujadi dan manajemen PT BAI.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menyaksikan produk dari Cina yang digunakan untuk pembangunan industri.

  • Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan pemahaman terkait aturan kepada Bupati Bintan, Apri Sujadi dan manajemen PT BAI.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Kepala OPD dan manajemen PT BAI mendampingi Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melihat fasilitas di KEK Galang Batang.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Kepala OPD dan manajemen PT BAI mendampingi Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melihat pelabuhan di KEK Galang Batang.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Gubernur Kepri, Isdianto bersama Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

  • Bupati Bintan, Apri Sujadi bersenda gurau dengan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

close

Aplikasi Android Batamnews