Bupati Lingga Sampaikan Laporan Akhir Kinerja 2018 ke DPRD

Bupati Lingga Sampaikan Laporan Akhir Kinerja 2018 ke DPRD

Bupati Lingga, Alias Wello menyerahkan LKPJ 2018 ke Ketua DPRD Lingga

Lingga - Bupati Lingga, H Alias Wello menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun 2018 ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Minggu (30/3/2019) sore.

Penyampaian disampaikan di dalam rapat paripurna oleh DPRD di ruang sidang yang dipimpin langsung ketua DPRD Lingga Drs Riono beserta wakil Ketua I, H Kamaruddin Ali.

Selain itu dihadiri juga oleh Sekda Lingga Juramadi Esram, 12 dari 20 anggota DPRD Lingga, jajaran OPD, FKPD dan unsur Muspida serta seluruh Camat dan Kades se-Kabupaten Lingga.

Dalam laporannya, Alias Wello menyampaikan selama tahun 2018 pendapatan pemerintah Kabupaten Lingga telah terealisasi Rp826,9 milyar atau berkisar 108,61 persen dari anggaran yang direncanakan sebesar Rp761,3 milyar.

Dari pendapatan tersebut terdapat pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp28,2 milyar atau meningkat 101 persen dari target sebelumnya yakni Rp27 milyar.

"Jadi ini capaian kita selama 2018. Ada sedikit angka kenaikan," ujar Awe

Kemudian dana perimbangan yang diterima Kabupaten Lingga, disampaikannya lagi kurang lebih sebesar Rp704,6 milyar, naik sekitar 105 persen dari yang ditargetkan yakni Rp614,7 milyar.

Sementara pendapatan lain-lain yang sah teralisir sebesar Rp94,6 milyar dari target Rp118,8 milyar atau dengan capaian sebesar 80 persen.

"ini mengalami peningkatan dan menunjukkan fakta bahwa kinerja dan sinergitas antar Pemkab dan DPRD dalam meningkatkan APBD dari tahun ketahun membaik," tuturnya

Untuk belanja daerah, selama 2018 terealisasi sebesar Rp777,2 milyar atau sebesar 93 persen dari yang ditargetkan Rp 839,8 milyar. Belanja ini terdiri dari belanja tidak langsung yang terealisasi Rp376,9 milyar atau 95 persen dari yang ditargetkan sebelumnya yakni Rp395,7 milyar dan belanja langsung sebesar Rp400,3 milyar atau sebesar 93 persen dari yang direncanakan sebesar Rp444,1 milyar.

Kemudian mengenai laporan LKPJ ini, telah berpedoman pada ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 3 tahun 2007. Dimana LKPJ kepala daerah disusun berdasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan dari RPJMD. 

Di dalam RPJMD itu sendiri mengacu pada visi "Menjadikan Lingga Sebagai Pusat Sumber Daya Kelautan menuju Masyarakat yang Maju, Sejahtera, Berbudaya dan Agamis". Dengan dibagi menjadi 7 jabaran misi yakni beberapa di antaranya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berlandaskan IPTEK di segala aspek kehidupan, kemudian pengembangan dan peningkatan usaha produktivitas usaha sumber daya kelautan melalui usaha kecil, menengah dan besar. 

"Jadi untuk peningkatan usaha produktivitas sumber daya kelautan ini kita sudah mulai mewujudkan dalam program pembangunan nyata. Beberapa wilayah tertentu sudah kita lakukan aksinya sesuai dengan anggaran yang ada," kata Alias Wello.

Kemudian yang ketiga, peningkatan kesejahteraan bagi pelaku dan usaha sumber daya kelautan baik melalui skala kecil, menengah maupun besar. Dilanjutkan, dengan meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan melalui keterikatan agroindustri.

"Alhamdulillah, untuk sektor pertanian kita sudah masuk dalam base nasional. Sehingga alokasi dana untuk tahun ke depan, Insyaallah cendrung meningkat kita dapatkan. Untuk itu dengan disampaikan LKPJ kepala daerah ini, tentunya diharapkan bagi lembaga DPRD bisa mempelajari serta melakukan singkronisasi dengan berbagai program yang sudah dijalankan," kata Alias Wello.

"Kemudian selama penyelenggaran urusan pemerintahan, pemkab Lingga telah melaksanakan 26 urusan wajib dan 6 urusan pilihan dengan jumlah kegiatan yang berhubungan dengan program daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Lingga, Drs Riono mengapresiasi pencapain kinerja Bupati Lingga selama tahun 2018 walaupun masih ada yang perlu ditingkatkan lagi demi mencapai Lingga yang terbilang.

"Saya apresisasi sekali kepada Pak Bupati. LKPJ ini kita terima dan akan dibahas ketingkat selanjutnya oleh pansus DPRD Lingga. Dan ada pandangan umum nanti dari Fraksi-Fraksi," kata Riono. 

(ruz)

  • Ketua DPRD Lingga, Riono saat memimpin jalannya sidang Paripurna bersama wakil Ketua I H Kamaruddin Ali dan Bupati Lingga

  • Sekwan Lingga, Sa'ad membacakan daftar hadir para anggota DPRD Lingga

  • Ketua DPRD Lingga ditemani Wakil Ketua I menyerahkan LKPJ yang diterima kepada lima Fraksi

  • Para Anggota DPRD Lingga saat mengikuti paripurna LKPJ 2018

  • Bupati, Ketua DPRD dan Wakil Ketua I DPRD Lingga saat mendengar laporan kehadiran anggota DPRD dari Sekwan

  • Fraksi Nasdem, Raja Mukhsin saat menyampaikan pandangannya terhadap LKPJ 2018

  • Bupati Lingga, Alias Wello saat menyampaikan LKPJ 2018

  • Fraksi PDIP plus, Adina Putra ikut menyampaikan pandangannya terkait LKPJ 2018

  • Para pejabat eselon II dan III Pemkab Lingga yang hadir saat paripurna berlangsung

close

Aplikasi Android Batamnews