Relawan Projo: Pembubaran BP Batam Jadi Solusi Permanen

Relawan Projo: Pembubaran BP Batam Jadi Solusi Permanen

BATAMNEWS.CO. ID, Jakarta - Desakan pembubaran BP Batam masih terus terdengar. Relawan Projo Michael F Umbas setuju rencana pembubaran BP Batam. 

Menurut Mihcael, sebagai solusi permanen menghentikan tumpang tindih kewenangan yang telah membuat wilayah tersebut tidak berkembang.

Menurut pria yang pernah menjadi anggota tim kajian Free Trade Zone (FTZ) Batam di era Ketua Otorita Batam Ismeth Abdullah (2003), ia cukup paham dengan kondisi historis, sosiologis, politis dan ekonomis Batam. 

“Saya cukup paham,” ujar dia. 

Pria yang pernah menulis buku buku "Batam Komitmen Setengah Hati" itu mengatakan, kompleksitas masalah yang timbul di Batam sejak lama dibiarkan sehingga potensi kerugian (potential lost) sangat besar dari tahun ke tahun. 

Padahal bila bandingkan dengan otoritas FTZ Shenzhen, Tiongkok misalnya yang pernah belajar di Batam, kini maju pesat.

"Saya berharap di era Jokowi, ada solusi komprehensif dan permanen terkait peran dan eksistensi Batam, dimana seharusnya jadi penyeimbang geopolitik-ekonomi Singapura karena sama-sama berada di posisi strategis di alur perniagaan global Selat Malaka," katanya.

Menurut dia, apa yang disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo tentang rencana pembubaran BP Batam haruslah dimaknai sebagai bagian dari upaya mewujudkan solusi permanen pemerintah, setelah selama ini terjadi tarik menarik kewenangan yang berkepanjangan di Batam.

sumber: Antara

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews