Kerja Sama BP Batam dan Lembaga Administrasi Negara RI untuk Tingkatkan Kapasitas Birokrasi dan Inovasi

Kerja Sama BP Batam dan Lembaga Administrasi Negara RI untuk Tingkatkan Kapasitas Birokrasi dan Inovasi

Foto : BP Batam

Batam, Batamnews - Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi, memberikan perhatian serius terhadap pengembangan kapasitas dan kualitas birokrasi ke depan. 

Dia juga mendorong agar para birokrat terus berinovasi sejalan dengan perkembangan Kota Batam.

Dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang kompetitif, BP Batam mengundang Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Adi Suryanto, sebagai narasumber dalam ceramah umum bagi para pejabat di lingkungan BP Batam. Acara tersebut dilaksanakan di Balairung Sari pada hari Rabu (24/5/2023).

"Perkembangan Kota Batam saat ini tidak lepas dari dukungan pemerintah dan peran sumber daya manusia (SDM) yang bekerja sama dengan masyarakat dan dunia usaha dalam menjadikan Kota Batam sebagai kota investasi," ujar Muhammad Rudi.

Selain itu, BP Batam terus mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik untuk memangkas birokrasi, memudahkan investasi, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Batam. 

Pada tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Kota Batam mencapai 6,84 persen, angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan nasional sebesar 5,31 persen dan pertumbuhan Provinsi Kepulauan Riau sebesar 5,09 persen.

Baca juga: Muhammad Rudi Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Kota Batam yang Bertaraf Internasional

Selain meningkatkan kualitas pelayanan publik, BP Batam juga fokus pada pengembangan infrastruktur, terutama dalam pengembangan akses jalan di Kota Batam. 

Muhammad Rudi menjelaskan, "Saat ini, kami sedang membangun infrastruktur pendukung utama dan konektivitas transportasi yang dapat menciptakan kelancaran dan kemudahan dalam hubungan dan perdagangan di Kota Batam."

Menurutnya, langkah tersebut sangat penting untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kota Batam.Selain itu, diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2021 memberikan kemudahan investasi bagi pelaku usaha baik dari dalam maupun luar negeri.

Seiring dengan pengembangan jalan di Kota Batam, BP Batam berharap memulai babak baru pada tahun 2023. Muhammad Rudi menyampaikan, "Saat ini, kami sedang giat menjalankan berbagai program strategis, seperti pengembangan Bandara Hang Nadim Batam, Pelabuhan Batu Ampar, dan pelebaran jalan."

Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara RI, Adi Suryanto, menyatakan bahwa kerjasama ini dilakukan dalam rangka pengembangan kompetensi para pejabat BP Batam. Ia menekankan pentingnya pengembangan kompetensi sebagai kunci untuk mengakselerasi perkembangan sebuah institusi.

"Istilahnya, tidak ada institusi yang maju jika SDM-nya tidak maju. Kami melihat BP Batam bisa menjadi lembaga percontohan bagi instansi lain dalam pengembangan SDM. Terlebih lagi, kami melihat perubahan yang signifikan di Kota Batam saat ini," ungkapnya.

Oleh karena itu, pengembangan kompetensi harus menjadi perhatian bersama. Adi Suryanto menekankan bahwa pengembangan kompetensi ini akan mendukung pencapaian target dan sasaran yang diinginkan oleh institusi.

"Dalam ke depan, harapan saya adalah terus meningkatkan kemampuan dan mengupgrade diri agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tambahnya.

Selama acara tersebut, dilakukan penandatanganan kerjasama antara Biro Sumber Daya Manusia BP Batam dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan serta Pemetaan Kompetensi Aparatur Negara (LAN RI) mengenai penyelenggaraan pelatihan teknis Manajer Madya untuk pejabat tingkat III BP Batam. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara LAN RI dan BP Batam mengenai kerjasama penguatan kapasitas lembaga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews