10 Fitur Rahasia yang Wajib Diketahui oleh Pengguna Smartphone Android

10 Fitur Rahasia yang Wajib Diketahui oleh Pengguna Smartphone Android

Rahasia fitur Android yang jarang diketahui pengguna (Foto: istockphoto/hocus-focus)

Batam, Batamnews - Sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google telah menjadi salah satu sistem operasi yang mendominasi pasar smartphone saat ini. Dikenal dengan beragamnya pilihan perangkat dengan rentang harga yang luas, Android juga menawarkan fitur-fitur menarik yang mendukung penggunaan sehari-hari.

Meskipun begitu, terdapat beberapa fitur rahasia pada Android yang jarang diketahui oleh pengguna. Fitur-fitur ini tersembunyi atau tidak banyak dieksplorasi, namun dapat sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Untuk itu, kami telah mengumpulkan beberapa fitur rahasia Android yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Akhiri Panggilan dengan Tombol Daya

Anda dapat mematikan panggilan telepon dengan cara yang lebih praktis selain dengan menyentuh tombol "end call" di layar. Android menyediakan fitur yang memungkinkan Anda menggunakan tombol daya sebagai pengganti. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka pengaturan, pilih "aksesibilitas," dan aktifkan opsi "tombol daya mengakhiri panggilan."

2. Launch App dalam Floating Tab

Android memberikan fleksibilitas untuk membuka aplikasi dalam jendela kecil yang melayang dan tidak memenuhi seluruh layar. Anda dapat melakukan ini dengan membuka "developer options," gulir ke bawah hingga menemukan opsi "freeform windows," lalu restart perangkat Anda. Setelah itu, masuk ke "recent apps," sentuh ikon aplikasi di pojok atas, dan pilih "freeform." Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur seberapa besar aplikasi yang ingin Anda tampilkan di layar.

3. Print dari Android

Kebutuhan untuk mencetak dokumen secara nirkabel semakin meningkat. Android sebenarnya telah dilengkapi dengan teknologi pencetakan nirkabel. Anda hanya perlu menekan tombol "share" pada dokumen yang ingin dicetak, pilih opsi "print," dan pilih printer yang sudah terhubung ke perangkat Anda.

4. Gunakan Mouse dan Keyboard di Android

Ingin mengubah smartphone Android Anda menjadi PC mini? Anda dapat melakukannya dengan menghubungkan mouse dan keyboard nirkabel ke perangkat Android Anda. Caranya sama seperti menghubungkan perangkat Bluetooth lainnya, dan dalam beberapa langkah mudah, Anda dapat menggunakan mouse dan keyboard Bluetooth pada perangkat Android Anda.

 

5. Google Search Sebagai Pengganti Shazam

Apakah Anda pernah mendengar lagu dari speaker di kejauhan dan tidak tahu judul lagunya? Biasanya, Anda menginstal aplikasi Shazam untuk memecahkan masalah tersebut. Namun, sebenarnya Android sudah memiliki fitur ini secara default, dan merupakan salah satu fitur rahasia. Cukup buka aplikasi Google, tekan ikon mikrofon pada pencarian, dan pilih "telusuri lagu" untuk mendeteksi lagu yang sedang diputar melalui speaker.

6. Pindah Tab di Chrome dengan Mudah

Pengguna Google Chrome di Android yang sering membuka dan beralih antara tab dalam satu waktu mungkin merasa malas untuk terus menekan tombol pemilihan tab. Untungnya, ada cara yang lebih mudah. Anda hanya perlu menggesek ke kanan atau kiri pada kotak dengan tulisan alamat situs web, dan secara langsung Anda akan beralih ke tab berikutnya atau sebelumnya. Mudah, bukan?

7. Balik HP untuk Senyapkan Dering

Terkadang, ketika kita sedang sibuk dengan banyak pekerjaan, menerima panggilan telepon tiba-tiba dapat mengganggu. Memilih untuk menonaktifkan nada dering juga bukanlah pilihan yang ideal, terutama jika kita menunggu panggilan penting. Namun, ada cara yang lebih praktis untuk mematikan suara dengan hanya membalikkan ponsel Anda. Caranya adalah dengan memasukkan kata kunci "gestur" dalam pencarian di pengaturan, lalu cari opsi "senyapkan dengan gestur."

8. Fitur Grid Line pada Kamera

Salah satu fitur rahasia Android lain yang banyak pengguna tidak tahu adalah fitur "grid line" pada aplikasi kamera bawaan. Dengan mengaktifkan garis kisi, Anda dapat menciptakan komposisi yang lebih akurat dan menentukan titik fokus yang ingin Anda utamakan. Biasanya, fitur ini dapat diaktifkan melalui pengaturan aplikasi kamera dengan memilih opsi "aktifkan garis kisi."

9. Akses Simbol pada Gboard dengan Mudah

Jika Anda masih menekan tombol simbol pada keyboard Gboard untuk beralih dari mode qwerty ke simbol, mungkin saatnya Anda menggunakan fitur Android ini untuk menghemat waktu. Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu menahan tombol simbol dan menggesekkan jari ke simbol yang ingin Anda tampilkan, lalu lepaskan.

10. Matikan Caller ID

Anda juga dapat menghilangkan nama pengirim panggilan ketika Anda melakukan panggilan telepon. Caranya cukup sederhana. Saat menelpon, cukup tekan "#31#" diikuti oleh nomor penerima pada layar dial. Dengan demikian, Anda dapat menyembunyikan ID pengirim panggilan.

Itulah beberapa fitur rahasia Android yang mungkin belum banyak Anda ketahui.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews