Singapura dan Taiwan Terpilih sebagai Negara-Negara Paling Bahagia di Asia pada 2023 Menurut PBB, Indonesia Mencapai Peringkat 83

Singapura dan Taiwan Terpilih sebagai Negara-Negara Paling Bahagia di Asia pada 2023 Menurut PBB, Indonesia Mencapai Peringkat 83

Singapura dinobatkan sebagai negara paling bahagia di Asia, sementara Taiwan negara paling bahagia di Asia Timur (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Menurut Laporan Kebahagiaan Dunia 2023 yang baru-baru ini dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Singapura dan Taiwan telah diakui sebagai negara-negara paling bahagia di Asia Timur.

Laporan tersebut, yang berdasarkan data survei global dari lebih dari 150 negara dan wilayah, memberikan gambaran tentang tingkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi kehidupan rata-rata selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Wisata Religi ke Pulau Penyengat Tanjungpinang: Menelusuri Jejak Sejarah dan Keindahan Spiritual

Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan tujuh faktor utama antara tahun 2020 hingga 2022, seperti produk domestik bruto (PDB) per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan dalam memilih, kemurahan hati, persepsi korupsi, dan distopia.

Singapura dan Taiwan berhasil mencatatkan diri mereka sebagai negara-negara Asia yang hanya dua yang berhasil masuk ke dalam peringkat 30 besar. Singapura menduduki peringkat ke-25 secara global, diikuti oleh Taiwan pada peringkat ke-27.

Baca juga: Gubernur Ansar Motivasi Siswa SMAN 1 Kijang dan Resmikan Rumah Dinas Guru

Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat 83 di Asia, menunjukkan tingkat kebahagiaan yang memadai di tengah tantangan ekonomi dan sosial. Meskipun belum mencapai peringkat yang sama dengan Singapura dan Taiwan, masyarakat Indonesia terus berupaya untuk menjaga semangat positif dan merasakan dukungan sosial yang kuat.

Laporan ini juga mengungkapkan sepuluh negara paling bahagia di dunia secara keseluruhan, dengan Finlandia, Denmark, dan Islandia menduduki peringkat tertinggi. Di sisi lain, negara-negara seperti Zambia, Tanzania, dan Afghanistan menempati posisi terbawah dalam daftar negara paling tidak bahagia.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Perairan Batam Hari Ini: Hujan Ringan dengan Kondisi Gelombang Rendah
 
Singapura berada di peringkat ke-25 sebagai negara paling bahagia di dunia, diikuti oleh Uni Emirat Arab di peringkat ke-26, dan Taiwan di peringkat ke-27.

Secara khusus, Taiwan menempati peringkat pertama di Asia Timur dan peringkat keempat di Asia secara keseluruhan, yang sama dengan peringkatnya tahun sebelumnya ketika negara tersebut juga berada di peringkat keempat di Asia setelah Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Negara-negara Asia lainnya dalam peringkat tersebut termasuk Jepang di peringkat ke-47, Malaysia di peringkat ke-55, Thailand di peringkat ke-60, Mongolia di peringkat ke-61, China di peringkat ke-64, Vietnam di peringkat ke-65, Filipina di peringkat ke-76, Nepal di peringkat ke-78, Hong Kong di peringkat ke-82, Indonesia di peringkat ke-83, Laos di peringkat ke-89, Pakistan di peringkat ke-108, Myanmar di peringkat ke-117, Bangladesh di peringkat ke-118, dan India berada di peringkat ke-126

Meskipun Indonesia masih memiliki ruang untuk perbaikan, pencapaian peringkat 83 menunjukkan komitmen masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup. Hal ini menegaskan bahwa upaya terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bahagia bagi seluruh penduduk Indonesia.

(DEN)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews