IJD Sukses Digelar di Batam, Ubah Stigma Publik Soal Jazz

IJD Sukses Digelar di Batam, Ubah Stigma Publik Soal Jazz

IJD sukses digelar di Batam. Dipusatkan di Holiday Inn Resort di kawasan Marina Convention Center (MCC), pada 29-30 April 2023.

Batam, Batamnews - Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), baru saja selesai menyelenggarakan event International Jazz Day (IJD) yang ditaja oleh Batam Jazz dan Ninetynine. 

IJD sukses digelar di Batam. Dipusatkan di Holiday Inn Resort di kawasan Marina Convention Center (MCC), pada 29-30 April 2023, kemarin.

IJD 2023 di Batam dimeriahkan oleh penampilan beberapa band dan penyanyi dari luar Batam, seperti HIVI!, Agis Kania dan lain-lain. 

Event Director, M Gusrianto mengatakan, animo publik Batam cukup tinggi untuk event tahun ini. Dimana ada sekitar 1500 penonton yang memadati gedung berkapasitas 2000 itu.

"Hampir tidak ada komen negatif dari netizen. Ini acara yang ke-10 dan yang terbesar sejauh ini. Dan bahkan bisa diklaim terbesar di Indonesia," ujarnya, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Pesona Pantai Sergang, Paduan Keindahan Tepian Laut di Pulau Singkep

Selain penampilan dari guess stars, ada juga beberapa band lokal yang ikut nampil. Secara keseluruhan total ada 50 orang yang mengisi acara tersebut. Dari jumlah itu, ada 10 band atau grup yang ikut serta.

Ryan, sapaan akrabnya, menyebut jika jaz bukan genre musik yang hanya di perdengar atau dipertontonkan oleh golongan tertentu saja. Seluruh masyarakat bisa menikmati, dan tidak untuk dikotak-kotakkan.

"Kita sebagai komunitas ingin membuat jaz ini diterima umum, karena selama ini hanya diterima kalangan tertentu dan tidak terjangkau seluruh pihak. Kita akan mengubah stigma itu. Itulah kenapa kali ini kami memasukkan unsur lain dalam event IJD, seperti ada SKA dan RnB agar semua bisa menikmati," kata dia.

 

Pemerintah Beri Dukungan Penuh

Pemprov Kepri dan Pemko Batam nampaknya senang akan event itu. Selain sukses besar, IJD juga digadang-gadangkan bakal memicu kunjungan wisatawan asing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan, IJD 2023 diyakini bakal menjadi magnet kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam. Ia mengatakan, pergelaran IJD ini juga menjadi event kebanggan bagi para pencinta musik jaz di Batam. 

"Pemerintah siap mendukung IJD 2023. Musik ini merupakan satu dari 17 sub-sektor ekonomi kreatif," ujar Ardi.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Raja Hery Mokhrizal mengungkapkan, animo masyarakat untuk acara ini sangat tinggi. Itu menunjukkan minat yang tinggi terhadap musik jaz.

“Ajang perayaan ini, kami berharap dapat menjadi kesempatan bagi para musisi di Kepri khususnya di Kota Batam untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas dan tentunya akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata,” kata dia.

Ia menjelaskan dengan makin menggeliatnya industri event yang ditandai dengan makin banyaknya gelaran berbagai jenis event di Kepri, termasuk konser musik, tentu perlu disambut dan didukung. 

Hal itu pastinya akan berdampak pada berbagai sektor kreatif di Kepri dan Batam pada khususnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews