Pemanasan Global dan Perubahan Iklim Picu Anomali Cuaca, Batam Dilanda Panas Terik Selama Sepekan

Pemanasan Global dan Perubahan Iklim Picu Anomali Cuaca, Batam Dilanda Panas Terik Selama Sepekan

Perubahan iklim dan pemanasan global memicu anomali cuaca, batam dilanda panas (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Cuaca di Kota Batam, Kepulauan Riau, akhir-akhir ini sedang mengalami anomali. Suhu mencapai lebih dari 30 derajat Celsius selama sepekan terakhir. Bahkan, pada Selasa (2/5/2023), suhu mencapai 32 derajat Celsius, sedangkan di hari sebelumnya mencapai 33 derajat Celsius.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, penyebab anomali cuaca ini adalah posisi gerak semu matahari yang masih berada dekat katulistiwa.

Baca juga: Bos Konter Lucky Star Ditangkap karena Mempekerjakan Joki IMEI dari Luar Negeri di Pelabuhan Batam Center

"Tutupan awan yang sedikit, pengaruh pemanasan global, dan perubahan iklim global," katanya ke batamnews, Selasa (2/5/2023).

Suratman mengingatkan bahwa bulan Mei seharusnya memiliki potensi turun hujan, kecuali jika terjadi perubahan akibat pemanasan global dan perubahan iklim.

Baca juga: Kantor Imigrasi Batam Menerapkan Kebijakan Pengambilan Ulang Nomor Antrian untuk Pengurusan Paspor

Dia juga menyarankan agar masyarakat mengantisipasi suhu tinggi dengan mengurangi kegiatan di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung, memakai pelindung untuk kulit/tubuh, serta menjaga tubuh agar cukup cairan dan mencegah dehidrasi. 

Baca juga: Tradisi Tanam Ranting di Nagari Sumpur Kudus: Jangan Langgar Jika Tidak Ingin Terkena Musibah

Selain itu, perlu juga menjaga agar lingkungan tetap asri dan menghindari karhutla dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga banyaknya pepohonan. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews