Keindahan Kampung Wisata di Batam: Menjelajahi Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip

Keindahan Kampung Wisata di Batam: Menjelajahi Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip

Eksotisme hutan mangrove pandang tak jemu di Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip (indonesia.travel)

Batam, Batamnews – Kota Batam yang dikenal sebagai kota industri dan perdagangan, ternyata juga memiliki desa-desa wisata yang memukau. Salah satu desa yang terkenal adalah Kampung Tua Bakau Serip, yang bahkan pernah meraih penghargaan sebagai juara favorit Anugrah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2018.

Desa-desa wisata di Kota Batam menawarkan pengalaman yang unik dan menarik, menampilkan keindahan alam, sejarah, dan budaya yang kaya. Di antaranya adalah Kampung Tua Bakau Serip yang terletak di Jl. Hang Lekiu KM.4, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Baca juga: Pantai Pasir Panjang, Tempat Ideal Nikmati Keindahan Deburan Ombak di Pinggiran Ibu Kota Lingga

Kampung Tua Bakau Serip menjadi destinasi ekowisata pilihan yang memukau dengan keberadaan hutan bakau yang megah. Desa ini mengusung prinsip pariwisata ramah lingkungan dan berpedoman pada Community Based Tourism, sehingga masuk nominasi 50 besar desa terbaik Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022.

Desa ini juga merupakan rumah bagi masyarakat Tempatan yang masih memegang teguh budaya kampung tua daerah pesisir. Lokasinya yang dekat dari Bandara Internasional Hang Nadim, sering menjadi destinasi wisata edukasi bagi pelajar dari Singapura dan Malaysia.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dapat dinikmati di Kampung Tua Bakau Serip seperti ditulis indonesia.travel::

1. Menjelajahi Megahnya Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu

Salah satu keunggulan dari Kampung Tua Bakau Serip adalah wisata alam Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu-nya. Konservasi bakau di sini menempati lahan seluas 7 hektare. Di sini juga tersedia beragam atraksi ekowisata Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu, seperti mangrove tracking yang memakai sampan dan mengeksplor area hutan bakau, serta outbond di hutan bakau.

Jika ingin berkemah, di sini juga disediakan tenda-tenda dengan fasilitas lengkap seperti musala, toilet, restoran seafood, selfie area, toko cendera mata, toko sewa alat, panggung pertunjukan seni, dan WiFi.

Baca juga: Crazy Rich Indonesia Beli Rumah Seharga Rp 2,3 T di Singapura, Bertetangga dengan Pemilik Facebook

2. Memandang Negeri Jiran dari Seberang Pantai Pasir Putih

Ada dua pantai di sini, yaitu Pantai Bale dan Pantai Pandang Tak Jemu. Keduanya menghadap ke Negeri Jiran, yaitu Malaysia dan Singapura yang penampakannya bisa disaksikan dari pinggir pantai.

Keindahan lain dari pantai-pantai ini terletak pada pasir putihnya yang bersih dan memesona dengan dikelilingi hutan bakau. Di sini juga terdapat beberapa fasilitas seperti ayun-ayunan dan gazebo.

3. Menikmati Pertunjukan Budaya Khas Melayu yang Meriah

Di desa ini, kita bisa menyaksikan pertunjukan budaya khas Melayu yang meriah, yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Tari Melayu Pandang Tak Jemu. Alunan musik tradisional serta tarian Melayu-Batam menciptakan suasana khas Kota Batam yang menarik. Beberapa tarian yang akan ditampilkan termasuk tarian persembahan untuk para tamu yang diiringi oleh iringan musik tabuh kompang, tari sekapur sirih, serta tarian kuda lumping.

Tarian melayu persembahan menyambut tamu yang datang (indonesia.travel)

4. Menikmati Kuliner Seafood Khas Kampung Pesisir

Karena berada di pantai, tentu saja kuliner yang dinantikan adalah makanan seafood. Masakan seafood khas kampung pesisir Bakau Serip dijamin akan menggoyang lidah! Rasanya yang khas serta bumbunya yang unik akan dinikmati oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke sini. Beberapa kuliner khas lainnya termasuk olahan gonggong, gogos, dan buras yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Untuk camilan, tersedia beberapa produk UMKM seperti keripik, manisan, dan aneka camilan lainnya.

5. Membeli Oleh-Oleh Unik Berbahan Dasar Kekayaan Laut

Tentu belum lengkap jika kita belum membeli oleh-oleh atau souvenir khas Kampung Tua Bakau Serip yang unik. Mampirlah ke Pasar Mangrove! Pasar ini merupakan event reguler yang diadakan seminggu sekali di Kampung Tua Bakau Serip. Di sini, terdapat berbagai stand UMKM yang menjual aneka camilan dan jajanan kampung, serta produk kerajinan tangan. Kamu dapat memilih hasil anyaman tas, kerajinan kerang dan eceng gondok, pakaian, pohon bonsai, kriya bahan non organik, produk tali masker, serta tas rajut yang menarik.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews