Gerhana Matahari Total 20 April 2023: Siaran Langsung dari Lapangan Maka, Kisar

Gerhana Matahari Total 20 April 2023: Siaran Langsung dari Lapangan Maka, Kisar

Siaran langsung gerhana matahari di Maluku (Foto: Yotube)

Maluku, Batamnews - Pada tanggal 20 April 2023, Indonesia akan kembali menjadi saksi langka fenomena alam, Gerhana Matahari Total (GMT). Siaran langsung pengamatan GMT akan diselenggarakan oleh tim Bosscha Observatory dari Lapangan Maka, Pulau Kisar, Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Acara ini akan disiarkan secara langsung mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB, dengan totalitas gerhana dimulai pukul 11.22 WIB.

Pulau Kisar, yang juga dikenal sebagai Yotowawa, merupakan pulau kecil di Maluku Barat Daya, Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah timur laut Pulau Timor. Sebagian besar pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Pulau-Pulau Terluar di Kabupaten Kepulauan Barat Daya, Provinsi Maluku. Kisar akan menjadi tempat pertama di Indonesia yang berada di jalur gerhana matahari total pada 20 April 2023.

Lokasi ini dekat dengan pusat gerhana dan kondisi cuaca umumnya baik, sehingga menjadi tujuan ekspedisi gerhana oleh tim Bosscha Observatory. Informasi lebih lanjut mengenai Gerhana Matahari Total 20 April 2023 dapat diakses melalui https://bosscha.itb.ac.id/id/gmt2023/.

Pengamat dan penikmat fenomena gerhana matahari total diharapkan dapat menyaksikan momen langka ini dengan aman dan mengikuti pedoman pengamatan yang dianjurkan, seperti menggunakan kacamata gerhana atau filter khusus yang telah disertifikasi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam yang mengagumkan ini pada tanggal 20 April 2023.

Siaran langsung dari gerhana matahari ini bisa disaksikan di sini


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews