Catat, Berikut Jadwal Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah

Catat, Berikut Jadwal Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah

Ilustrasi pemantauan anak bulan (Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya.)

Jakarta - Pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1444 H/2023 M. Sidang isbat Lebaran 2023 akan berlangsung pada 29 Ramadan petang.

Hal tersebut mengacu pada amanah Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Dalam hal ini, pemerintah menggunakan metode rukyah dan hisab untuk menentukan permulaan bulan.

Merujuk pada hasil sidang isbat penentuan awal Ramadan 1444 H/2023 M, Rabu (22/3/2023) lalu, 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Dengan demikian, 29 Ramadan akan jatuh pada Kamis, 20 April 2023.

Pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat Lebaran dimulai setelah Magrib dan diumumkan melalui konferensi pers menjelang Isya. Sebagaimana telah berjalan selama ini, sidang isbat akan dihadiri oleh MUI, perwakilan ormas Islam, DPR, sejumlah duta besar negara sahabat, serta kementerian dan lembaga terkait.

Rangkaian Sidang Isbat Lebaran 2023

Sebagai gambaran, rangkaian sidang isbat Lebaran tahun lalu diawali dengan pemaparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kemenag yang disiarkan secara langsung melalui media Kemenag. Pada tahap ini masih terbuka untuk umum. Pemaparan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya, pemerintah akan menggelar sidang isbat secara tertutup. Sidang isbat Lebaran dimulai setelah Magrib hingga menjelang Isya. Setelah itu, pemerintah melalui Menteri Agama akan mengumumkan hasil sidang isbat Lebaran dalam konferensi pers dan turut disiarkan secara daring melalui media Kemenag.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews