831 Titik Salat Idul Fitri di Batam, Pemerintah Kota Batam Siapkan Tiga Tempat Utama

831 Titik Salat Idul Fitri di Batam, Pemerintah Kota Batam Siapkan Tiga Tempat Utama

Suasana salat Idul Fitri di Batam tahun lalu (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menetapkan 831 titik lokasi Salat Idul Fitri 1444 H/2023 M. Data yang dihimpun oleh Kemenag mencatat jumlah masjid yang menyelenggarakan Salat Idul Fitri mencapai 713 masjid, 97 Mushalla, dan 21 lapangan.

Rudi Panjaitan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, mengungkapkan bahwa 831 titik Salat tersebut tersebar di 12 Kecamatan se-Kota Batam. Jumlah lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 525 lokasi.

“Untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri tingkat Kota Batam, Pemerintah Kota Batam menetapkan di tiga tempat. Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturahman, Sekupang,” kata Rudi pada Selasa (18/04/2023).

Baca juga: Cakrawala Baru Batam: Pengembangan Kawasan Rempang Siap Saingi Singapura

Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Dataran Engku Putri pada Sabtu (22/04/2023) akan dihadiri oleh Khatib KH. Lukman Rifai, S. Ag, sementara di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Khatib adalah H. Syukri Ilyas, S.Ag. Imam dan bilal untuk masing-masing masjid akan diisi oleh imam dan bilal setempat.

Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Batam akan menggelar kegiatan pawai takbir tingkat Kota Batam pada Jumat (21/04/2023) di Dataran Engku Hamidah mulai pukul 19.30 WIB. Pawai takbir tersebut akan diiringi dengan lomba kendaraan hias, dengan total hadiah yang disiapkan Pemko Batam mencapai Rp 36 juta.

Baca juga: Pedagang Barang Seken Batam Curhat ke DPRD: Tidak Bisa Cari Makan Karena Larangan Penjualan Barang Bekas

Sebagai bagian dari rangkaian acara hari Raya Idul Fitri, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengundang masyarakat Batam untuk bersilaturahmi ke kediaman masing-masing pimpinan. Warga yang ingin bersilaturahmi dengan Wali Kota Batam dapat datang ke Komplek Perumahan Rosedale Blok F No. 12, sementara untuk Wakil Wali Kota Batam, silaturahmi bisa dilakukan di Perum KDA Cendrawasih Merak 12.A Batam Kota.

“Dipersilakan bagi masyarakat Batam yang ingin silaturahmi dengan Bapak Wali Kota pada hari lebaran. Masyarakat boleh datang berkunjung ke kediaman Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota di hari raya,” ujar Rudi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews