Lonjakan Mudik Diprediksi H-5 Lebaran, BP Batam Perkirakan Pemudik Capai 200 Ribuan

Lonjakan Mudik Diprediksi H-5 Lebaran, BP Batam Perkirakan Pemudik Capai 200 Ribuan

Pemudik memadati Pelabuhan Sekupang, Batam pada momen lebaran tahun lalu. (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Lonjakan arus mudik Lebaran melalui jalur laut lewat sejumlah pelabuhan di Batam, Kepulauan Riau diprediksi terjadi pada pekan depan, tepatnya pada H-5 hari raya Idulfitri 2023 ini. 

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar menyebut, jika lonjakan itu bakal hampir sama sepeti yang terjadi di 2019 silam.

"Faktornya Covid-19 sudah landai, persyaratan perjalanan pun sudah longgar. Ini berdampak pada peningkatan jumlah pemudik dari daerah kita," kata Dendi, Jumat (14/4/2023).

Baca: Momen Mudik, Bandara Hang Nadim Siapkan Posko hingga Extra Flight 

Menurutnya, jika berkaca pada arus mudik lebaran tahun 2019 silam, puncak tertinggi arus mudik itu terjadi pada H-3 sebelum lebaran. Sementara di 2023 ini, pihaknya memprediksi puncak arus mudik akan dimulai pada H-5 sebelum lebaran. 

"Begitu juga untuk arus balik yang diprediksi akan terjadi pada H+5 lebaran," kata dia.

Jumlah penumpang yang berangkat, diprediksi mencapai 212.483 orang yang akan meninggalkan Batam atau terjadi kenaikan sebesar 16,5 persen dibandingkan tahun 2022 lalu. 

"Begitu juga untuk penumpang yang akan masuk ke Kota Batam, akan naik sebesar 16,5 persen atau sebanyak 227.361 orang," kata dia.

Dendi menambahkan, jumlah tersebut hampir sama dengan tahun 2019 lalu dengan penumpang yang berangkat sebanyak 250.020 orang dan yang datang ke Batam sebanyak 288.256 orang. 

Baca: Puncak Mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim Diprediksi Tanggal 19-20 April

Lanjutnya, tahun 2023 ini, ada lima pelabuhan penumpang yang telah disiapkan melayani arus mudik maupun arus balik lebaran 2023. Kelima pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Domestik Sekupang, Internasional Batam Center, Harbourbay, Telagapunggur dan Batuampar.

"Segala persiapan tentunya kami maksimalkan. Mulai dari pemberian pelayanan kepada masyarakat, hingga penyiapan pos lebaran. Secara keseluruhan sudah kami siapkan semua," katanya.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik, BUP BP Batam juga menyiapkan fasilitas tambahan untuk melengkapi fasilitas dasar yang tersedia selama periode mudik lebaran 2023. Antara lain, tenda dan kursi untuk ruang tunggu penumpang hingga tambahan tenaga pengamanan BKO.

Pihaknya mau mewujudkan mudik yang aman dan berkesan bagi seluruh masyarakat yang ada di Batam. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews