Perhitungan Pajak Barang yang Dikirim dari Batam ke Daerah Lain di Indonesia

Perhitungan Pajak Barang yang Dikirim dari Batam ke Daerah Lain di Indonesia

Pajak pengiriman barang di Batam (Foto: Bea Cukai)

Batam – Pajak pengiriman barang dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dinilai sangat memberatkan. Warga Batam mengeluh kebijakan tersebut mematikan usaha mereka. Sejumlah pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tutup. Warga Batam pun dibuat sulit dalam mengirim barang.

Bahkan mengirim selembar baju ke luar Batam juga dikenakan pajak. Status Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) atau Free Trade Zone membuat Batam berbeda dari daerah lain pada umumnya. 

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 199 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak Atas Impor Barang Kiriman mengatur tentang pengiriman barang dari Batam ke sejumlah daerah di Indonesia. 

Nah untuk mengirim barang dari Batam ke daerah lain di Indonesia, ada beberapa perhitungan pajak yang harus diperhatikan. Berikut penjelasan perhitungan pajak berdasarkan nilai barang yang dikirim:

  1. Jika nilai barang kurang dari atau sama dengan 3 USD, dikenakan Bea Masuk (BM) 0%, Pajak Pertambahan Nilai (PPn) 10%, dan Pajak Penghasilan (PPh) 10%.
  2. Jika nilai barang lebih dari 3 hingga 1500 USD, dikenakan Bea Masuk (BM) 7,5%, PPn 10%, dan PPh 0%.

Contoh perhitungan pajak untuk parfum senilai 7 USD (diasumsikan 1 USD = Rp 15.000) adalah sebagai berikut:

  • Harga parfum: Rp 105.000
  • Bea Masuk (BM): 7,5% x Rp 105.000
  • PPn: 10% x Rp 105.000
  • PPh: 0% x (Harga Barang + Bea Masuk)

Untuk produk tertentu seperti tas, sepatu, produk tekstil, dan buku, dikenakan tarif pajak khusus:

  1. Tas: BM 15-20%, PPn 10%, dan PPh 10%.
  2. Sepatu: BM 25-30%, PPn 10%, dan PPh 7,5-10%.
  3. Produk tekstil: BM 15-25%, PPn 10%, dan PPh 7,5-10%.
  4. Buku: pajak 0%.

Untuk perhitungan pajak yang lebih jelas, Anda dapat menggunakan aplikasi Mobile Bea Cukai yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Perhitungan pajak ini penting untuk diperhatikan oleh para pengirim barang dari Batam agar memahami biaya yang akan dikenakan dan memastikan kelancaran pengiriman barang ke daerah lain di Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews