4 Ide Ngabuburit Anti Boring dan Penuh Berkah Selama Ramadan

4 Ide Ngabuburit Anti Boring dan Penuh Berkah Selama Ramadan

Foto: Shutterstock

Batam - Ramadan identik dengan ngabuburit, yakni kegiatan menunggu azan Maghrib menjelang berbuka puasa. Biasanya, momen ngabuburit diisi dengan jalan-jalan hingga berburu takjil.

Padahal, kamu juga bisa lho mengisi momen ngabuburit dengan kegiatan positif. Terlebih Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Jadi, tak ada salahnya kamu melakukan berbagai kegiatan bermanfaat di bulan suci ini. Agar Ramadan kali ini makin penuh keberkahan, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini saat ngabuburit.

1. Bagi-bagi Takjil

Alih-alih berburu takjil sendirian, kamu bisa isi momen ngabuburit untuk berbagi takjil gratis ke orang-orang yang membutuhkan. Kamu bisa bagikan takjil gratis ke orang-orang di jalan atau masjid dekat rumah.

Selain menjadi bentuk kepedulian antar sesama manusia, berbagi takjil juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus penuh berkah. Sebab, kegiatan ini secara tak langsung memberikan kebahagiaan kepada mereka yang menerima takjil.

2. Nonton Film Religi

Beraktivitas seharian sambil berpuasa sering kali membuat badan lelah. Untuk itu, tak ada salahnya melakukan relaksasi sejenak dengan menonton film saat ngabuburit. Namun, pastikan kamu memilih film yang relevan dengan tradisi Ramadan atau sejarah Islam. Beberapa film seperti The Message, Bilal (A New Breed of Hero), Sang Pencerah hingga My Name is Khan bisa menjadi beberapa pilihan.

3. Bersih-bersih Rumah

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi, tak ada salahnya untuk memperhatikan kebersihan rumah saat ngabuburit. Meski melelahkan, bersih-bersih rumah juga bisa meningkatkan mood dan membuat hati senang lho. Sebab, suasana di dalam rumah akan terasa baru setelah dibersihkan.

4. Kunjungi Panti Asuhan

Ramadan sering kali menjadi momen untuk berbagi kepada sesama manusia, termasuk yatim piatu. Agar ngabuburit jadi makin berkah, luangkan waktu untuk mengunjungi anak yatim piatu dan habiskan waktu bersama mereka.

Kamu juga dapat menyumbang makanan, pakaian atau dana untuk keperluan panti asuhan. Jika punya rezeki lebih, kamu juga bisa buat bingkisan Idul Fitri sederhana namun bermakna untuk anak-anak di sana.


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews