DPKP Lingga Sosialisasikan Pekarangan Pangan Lestari Bantu Tekan Angka Stunting

DPKP Lingga Sosialisasikan Pekarangan Pangan Lestari Bantu Tekan Angka Stunting

Bupati Lingga dan Istri turut hadir dalam kegiatan sosialisasi P2L yang dilakukan DPKP Lingga di Desa Mentuda. (Foto: dok.Diskominfo Lingga)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat menggelar sosialisasi Petunjuk Teknis Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di halaman Kantor Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Selasa (4/4/2023).

Kepala DPKP Lingga, Gandime Diyanto mengatakan, Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) dengan memanfaatkan pekarangan sebagai sumber kebutuhan gizi dan ekonomi anggota kelompok.

"P2L merupakan kegiatan pemanfaatan pekarangan yang dilakukan oleh kelompok wanita tani (KWT). P2L sejak tahun 2021 di danai melalui dana DAK non fisik," kata dia kepada Batamnews, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Polsek Senayang Salurkan Sembako ke Warga Terdampak Kenaikan Harga Bapokting

Gandi melanjutkan, kelompok penerimanya merupakan desa yang masuk ke dalam desa stunting sesuai dengan keputusan Bupati Lingga.

"Tahun 2023 ini terdapat 11 lokus desa stunting, namun 6 diantaranya sudah pernah mendapatkan bantuan kegiatan P2L. Dan 5 yang belum adalah Kelurahan Pancur, Sungai Harapan, Marok Tua, Posek dan Mentuda. Tahun ini dana yang diterima sebesar Rp 60 juta per kelompok," ujarnya.

P2L merupakan kegiatan Pemerintah Pusat. Namun berdasarkan SK Bupati, penerapannya daerah stunting dan kegiatan ini dilaksanakan oleh KWT dengan tujuannya untuk peningkatan gizi dan penurunan stunting.

Baca juga: Gubernur Ansar Serahkan 1.300 Paket Sembako di Lingga

"Selain itu, kegiatan yang dilakukan oleh KWT ini juga merupakan kegiatan unggulan daerah dalam rangka partisipasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dalam rangka mengendalikan inflasi harga pangan terutama cabai. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan inovasi daerah Kabupaten Lingga yang turut serta bekerja sama dengan PKK Kabupaten Lingga," jelas Gandi.

P2L termasuk salah satu cara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk ikut serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Lingga dengan cara memperbaiki gizi, mulai dari rumah tangga masyarakat.

"Dasar kegiatan P2L tahun ini berdasarkan Pementan No 8 tahun 2023," pungkas Gandi.

Sebagaimana diketahui, hadir juga dalam kegiatan sosialisasi ini Bupati Lingga Muhammad Nizar, Ketua TP-PKK Lingga Maratusholiha Nizar, Camat Lingga, Kepala Desa Mentuda, Ketua BPD, Guru SD dan SMP yang ada di Desa Mentuda dan Tokoh Masyarakat dan masyarakat Desa Mentuda.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews