Tips Terhindar dari Kebakaran seperti yang Terjadi di Plaza Botania Batam

Tips Terhindar dari Kebakaran seperti yang Terjadi di Plaza Botania Batam

Kebakaran yang terjadi di Plaza Botania pagi hari tadi (Foto: Batamnews)

Batam - Plaza Botania Batam, Kepualuan Riau terbakar tadi pagi. Kebakaran ini menghanguskan sejumlah pertokoan. Peristiwa kebakaran memang sulit diduga. Namun tidak ada salahnya sebelum terjadi kita mesti waspada dan bersiap diri. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda terhindar dari peristiwa kebakaran:

  1. Pastikan instalasi listrik rumah Anda baik dan tidak ada kabel yang terkelupas atau korsleting. Gunakan instalasi listrik yang sesuai dengan kebutuhan.

  2. Periksa dan bersihkan saluran ventilasi di rumah secara berkala. Pastikan saluran ventilasi tidak tertutup oleh barang-barang atau bahan yang mudah terbakar.

  3. Simpan bahan yang mudah terbakar seperti kain, tisu, atau minyak di tempat yang aman dan jauh dari sumber panas.

  4. Periksa kondisi dan penggunaan alat-alat elektronik seperti setrika, microwave, kompor, oven, dan alat lainnya. Pastikan alat-alat tersebut berfungsi dengan baik dan tidak ada kabel yang terkelupas atau terjebak di bawah benda yang mudah terbakar.

  5. Selalu perhatikan saat memasak. Jangan meninggalkan dapur ketika sedang memasak dan gunakan pengaman kompor jika memungkinkan.

  6. Jangan merokok di dalam rumah atau di dekat bahan yang mudah terbakar seperti minyak atau bensin.

  7. Pasang alarm kebakaran di rumah dan pastikan alarm tersebut dalam kondisi baik. Uji alarm secara berkala untuk memastikan alarm masih berfungsi dengan baik.

  8. Buatlah rencana darurat dengan anggota keluarga untuk menghindari kebakaran dan tindakan apa yang harus diambil jika terjadi kebakaran. Pilihlah jalur evakuasi yang aman dan pastikan keluarga Anda tahu cara keluar dari rumah jika terjadi kebakaran.

  9. Siapkan alat pemadam kebakaran seperti alat pemadam api ringan atau selang pemadam kebakaran. Pastikan alat pemadam kebakaran mudah dijangkau dan semua orang di rumah tahu cara menggunakannya.

  10. Jangan biarkan anak-anak atau hewan peliharaan ditinggal sendirian di rumah tanpa pengawasan. Mereka mungkin tidak tahu cara menghindari bahaya kebakaran atau tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews