Dirjen PAUD-Dikdasmen Iwan Syahril Tinjau Penerapan Kurikulum Merdeka di SD 007 Sekupang

Dirjen PAUD-Dikdasmen Iwan Syahril Tinjau Penerapan Kurikulum Merdeka di SD 007 Sekupang

Dirjen PAUD-Dikdasmen Iwan Syahril Tinjau Penerapan Kurikulum Merdeka di SD 007 Sekupang. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Batam, Dirjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbud, Dr. Iwan Syahril, Ph.D menyambangi SD 007 Tiban Indah, Kecamatan Sekupang , Jumat (31/3/2023). 

Dalam kegiatan ini, Iwan melakukan audiensi dengan jajaran guru dan Kepala Sekolah SD 007, Yusal Uskar terkait progres pembelajaran kurikulum merdeka. Kebetulan SD 007 Tiban Indah merupakan sekolah pelaksana  kurikulum merdeka.

Program ini sebagai salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan hasil belajar dengan mencakup beberapa aspek yang meliputi kompetensi literasi, numerasi, serta karakter. Secara umum program ini terfokus pada pengembangan sumber daya manusia di sekolah.

Banyak hal yang ditinjau mulai terkait komunitas belajar, penyusunan administrasi kurikulum merdeka dan sebagainya.

"Yang kita lihat ekosistem (kurikulum merdeka belajar) sudah berjalan. Seperti keberpihakan pemda dalam program ini, lingkungan belajar yang menyenangkan. Memang perlu kolaborasi dari semuanya. Hasil pendidikan dengan SDM yang bagus akan berdampak kepada investasi di sebuah daerah," kata Iwan.

Menurutnya poin penting dari program merdeka belajar tak hanya soal baca tulis di sekolah, namun lebih kepada kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. "Bagaimana murid itu bisa melihat suatu masalah dengan perspektif yang berbeda," ucapnya.

Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan, supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dialkukan supaya para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya.

Ada tiga indikator keberhasilan program Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbud ini. Diantaranya partisipasi siswa-siswi dalam pendidikan Indonesia yang merata, pembelajaran yang efektif, dan tidak adanya ketertinggalan anak didik.

Dalam kunjungan itu Iwan juga menyambangi kelas-kelas dan berinteraksi dengan para siswa terkait pelajaran yang mereka lalui. Ia juga sempat diwawancarai jurnalis cilik di sekolah.

"Penerapannya sangat baik sekali, banyak sekali kreativitas dan murid muridnya sangat senang. Kesannya sangat baik dan pesannya semoga murid murid di sekolah ini rajin belajar terus menggali potensi dirinya dan semangat untuk terus mengembangkan diri," terangnya saat diwawancarai jurnalis cilik di SD 007. 

Audiensi dengan guru penggerak di Batam

Dirjen PAUD Disdakmen, Iwan Syahril juga melakukan audiensi dengan para guru penggerak se Kota Batam di Harris Hotel di hari yang sama.

Banyak hal yang diceritakan para guru. Mulai dari hal-hal berkesan yang tak terlupakan sampai tantangan bagi mereka para guru penggerak.

Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah pejabat seperti Sekda Kota Batam; Jefridin, Wakil Gubernur Kepri; Marlin Agustina selaku Bunda PAUD, Plt Kadisdik Kota Batam, Hendri Arulan, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP Kepri); Warsita.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews