Dinas PU Lingga Gelontorkan Rp 4,5 Miliar Atasi Masalah Banjir di Dabo Singkep

Dinas PU Lingga Gelontorkan Rp 4,5 Miliar Atasi Masalah Banjir di Dabo Singkep

Pengendara motor melintasi banjir di Dabo Singkep yang terjadi tahun lalu. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lingga akan melakukan proyek pembuatan drainase untuk mencegah banjir di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Proyek ini akan dimulai dari simpang Ava menuju Implasemen hingga menuju ke laut area Syahbandar Dabo Singkep.

Selain itu, pihak dinas juga akan melakukan normalisasi muara di Sekop Laut untuk meningkatkan kinerja drainase. Proyek ini akan didanai oleh anggaran sebesar Rp 4,5 miliar.

Baca juga: KMP Singkil Layani Sementara Rute Penyeberangan Batam-Lingga Gantikan KMP Senangin

Kepala PUPR Lingga, Novrizal mengatakan, pembangunan drainase ini akan membantu mencegah banjir di Dabo Singkep, yang selama ini sering terjadi saat musim penghujan.

“Drainase ini (dibangun) dengan diameter lebih kurang 2 meter,” kata dia, Rabu (29/3/2023).

Drainase mayor ini nantinya dapat mengalirkan air hujan dengan lebih baik, sehingga tidak menggenangi jalan-jalan di Dabo Singkep.

Dalam proyek ini, selain pembuatan drainase, juga akan dilakukan peningkatan jalan. Harapannya akan memudahkan akses ke area sekitar Dabo Singkep dan mempercepat waktu tempuh.

Baca juga: Jadwal Sementara Kapal Roro KMP Teluk Singkil Rute Batam-Lingga

“Insya Allah untuk tahun ini, untuk penanganan banjir di kota Dabo bisa kita atasi,” tuturnya.

Proyek ini direncanakan akan dimulai pada bulan April atau Mei 2023 mendatang. Dalam pengerjaannya, pihak dinas akan bekerja sama dengan kontraktor lokal untuk menyelesaikan proyek ini dalam waktu yang ditetapkan.

“Jadi jalan di simpang Implasemen menuju ke Pelabuhan itu akan kita naikkan levelnya, kemudian tembok yang ada di situ kita robohkan, jadi rata jalannya,” pungkas Novrizal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews