Jadwal Pendaftaran Kendaraan Mudik Melalui Pelabuhan Roro Punggur

Jadwal Pendaftaran Kendaraan Mudik Melalui Pelabuhan Roro Punggur

Pelabuhan ASDP Punggur. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau, yang hendak melaksanakan mudik lebaran dapat mendaftarkan kendaraannya yang hendak menyebrang melalui Pelabuhan Roro ASDP Punggur. Pendaftaran dibuka sejak  tanggal 1 April 2023 hingga lebaran induk Fitri 2023. 

"Antrean untuk angkutan lebaran kita buka 1 April untuk rute antar provinsi yakni Kuala Tungkal, Jambai, Sei Pakning, Riau dan Sintete, Kalimantan Barat," ujar General Manager ASDP Batam, Marsadik, Selasa (28/3/2023). 

Menurutnya, untuk kendaraan yang akan didaftarkan akan dilakukan secara tranparansi dengan disediakannya pengumuman, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir tindakan kecurangan. 

Lalu saat proses pendaftaran maka pemilik kendaraan mewajibkan untuk menunjukkan surat kendaraan berupa STNK dan identitas lainnya. "Kita buka secara transparan, kita tak akan melayani pendaftaran dengan perwakilan apalagi melalui calo," kata dia. 

Lanjutnya, untuk jumlah kendaraan atau slot mobil yang masuk nantinya harus mengikuti kapasitas yang telah disesuaikan oleh kapal.

"Untuk tanggal 1 hingga 21 April seperti pelayaran ke Sei Pakning akan ada 3 kapal, apabila permintaan meningkat maka akan diberangkatkan sebanyak 2 kapal dalam sehari," sebutnya. 

Kendati demikian, meskipun dibuka untuk jalur pemudik maka ASDP tetap memprioritaskan kendaraan yang bermuatan logistik. Kendaraan tersebut dijadwalkan sejak H-3 dan H-2 lebaran Idul Fitri. 

"Kendaraan sembako menjadi prioritas utama, kita tetap ada prioritas setiap keberangkatan," terangnya. 

Lanjutnya, ASDP akan menargetkan dapat memberangkatkan sebanyak 50 unit kendaraan roda empat dalam sehari saat arus mudik nanti. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews