ASDP Kepri Siapkan 18 Kapal Roro untuk Mudik Lebaran

ASDP Kepri Siapkan 18 Kapal Roro untuk Mudik Lebaran

KMP Sembilang melayani pelayaran di Kepulauan Riau melalui Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Batam. (Foto: dok. Batamnews)

Tanjungpinang - Sebanyak 18 unit kapal roro akan dioperasikan selama mudik hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 di Kepulauan Riau.

"Kita baru dapat tambahan satu unit kapal roro KMP Bahtera Nusantara 03 dari Kemenhub, sehingga totalnya ada 18 unit, dan untuk layanan angkutan mudik ASDP cukup memadai," kata

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam, Kepulauan Riau (Kepri) Marsadik, di Bintan.

Ia mengatakan 18 kapal roro tersebut melayani gugusan pulau yang ada di Kepri, mulai dari Batam, Karimun, Lingga, Natuna hingga Anambas.

Selain itu, juga melintasi rute Kepri ke Kalimantan Barat atau sebaliknya. Kemudian, rute Kepri ke Provinsi Riau atau sebaliknya.

Marsadik menyebut satu kapal roro melintasi banyak pulau. Idealnya memang satu pulau satu kapal roro, tapi itu tidak memungkinkan sebab beban operasionalnya rata-rata masih disubsidi pemerintah.

"Kecuali kalau sudah ramai penumpang, baru dibuat komersial. Contohnya, kapal roro rute Punggur (Batam) ke Dabo (Lingga) sudah tak perlu disubsidi pemerintah lagi," ujar Marsadik.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kepri memprediksi jumlah pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu mencapai 4 juta orang. Jumlah itu 5 persen dari perkiraan pemudik secara nasional sekitar 80 juta orang.

Ia memprediksi jumlah pemudik pada tahun ini bakal naik dipicu kondisi pandemi COVID-19 makin membaik, pembatasan kegiatan sosial masyarakat dicabut, hingga ekonomi yang membaik.

"Makanya sejak awal 2023, kami bersama seluruh pemangku kepentingan terkait sudah mulai melakukan persiapan menyambut mudik Idul Fitri, seperti uji kelaikan kapal," ujarnya.

Junaidi juga memastikan kecukupan angkutan laut penumpang Lebaran 2023. Khususnya di wilayah Kepri yang memiliki luas 96 persen lautan dengan 2.408 pulau.

Saat ini total kapal laut khusus kapal cepat berkisar 30 sampai 40 unit. Kapal-kapal itu selain melayani penumpang antarpulau di wilayah Kepri, juga hingga ke Dumai, Provinsi Riau.

”Kami pun akan minta operator kapal mengeluarkan semua kapal cadangan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik Idul Fitri 2023,” ucap Junaidi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews