Nasi Lemak, Menu Sarapan Pagi Favorit di Kepri

Nasi Lemak, Menu Sarapan Pagi Favorit di Kepri

Nasi Lemak. (Foto : Pexels/suhairy tri yahdi)

Tanjungpinang, Batamnews - Kepulauan Riau (Kepri), merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan kuliner tradisionalnya. Salah satu kuliner yang menjadi favorit masyarakat Kepri adalah menu sarapan pagi khas Melayu Kepri.

Menu sarapan ini terdiri dari berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Salah satu hidangan yang menjadi favorit di antara menu sarapan pagi khas Melayu Kepri adalah nasi lemak.

Nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan. Kemudian, nasi tersebut disajikan dengan bahan pelengkap seperti telur dadar, ikan teri, kacang goreng, dan sambal.

Baca juga: Rekomendasi Oleh-oleh Khas Batam, Ada Kek Pisang Hingga Luti Gendang

Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi lemak menjadi hidangan yang sangat populer di Kepri. Selain nasi lemak, ada juga menu sarapan pagi khas Melayu Kepri lainnya yang tidak kalah populer, yaitu lontong sayur.

Lontong sayur terdiri dari ketupat atau lontong yang disajikan dengan sayur labu siam, kacang panjang, tauge, dan tempe. Kuah kaldu yang gurih dan pedas menjadi pelengkap yang membuat lontong sayur semakin nikmat.

Selain itu, di Kepri juga terdapat menu sarapan pagi khas Melayu lainnya seperti mie rebus, mie goreng, dan roti canai. Mie rebus dan mie goreng Kepri memiliki citarasa yang berbeda dengan mie dari daerah lain karena menggunakan rempah-rempah khas Melayu seperti serai, daun salam, dan lengkuas.

Sedangkan roti canai adalah roti yang tipis dan lembut dengan tekstur yang renyah di luar. Roti canai disajikan dengan kuah kari ayam atau daging yang kental dan gurih.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews