Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Indonesia, Kepri Nomor 2

Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Indonesia, Kepri Nomor 2

Pulau Ranoh, salah satu pulau di Provinsi Kepri. (Foto: Ranoh Island)

Batam - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Sejak dulu, Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar luas di berbagai wilayah tanah air.

Pada 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat bahwa jumlah pulau yang dimiliki Indonesia mencapai 17.001 pulau.

Jika dirinci, 17.001 pulau itu, enam di antaranya merupakan enam pulau besar di Indonesia yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Timor, dan Papua.

Lalu, 16.995 pulau lainnya yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Masih berdasarkan data BPS, Papua Barat adalah provinsi di tanah air dengan jumlah pulau paling banyak pada 2022. Terdapat 4.520 pulau yang masuk ke provinsi Papua Barat

Kemudian, Kepulauan Riau menyusul di urutan kedua provinsi terbanyak yang memiliki pulau, yakni dengan jumlah 2.028 pulau. Lalu, Sulawesi Tengah di posisi selanjutnya dengan jumlah 1.572 pulau.

Sementara itu, Bengkulu menjadi provinsi dengan jumlah pulau paling sedikit di Indonesia. Bengkulu cuma memiliki sembilan pulau yang masuk wilayahnya pada 2022.

Setelah Bengkulu, ada Jambi dan Sumatera Selatan sebagai provinsi paling sedikit pulau di wilayahnya. Jambi hanya punya 14 pulau, sedangkan Sumatera Selatan dengan 24 pulau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews