Mario Dandy Tendang Kepala David sebelum Selebrasi Ronaldo, Begini Efek Fatalnya

Mario Dandy Tendang Kepala David sebelum Selebrasi Ronaldo, Begini Efek Fatalnya

Rekonstruksi kasus penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora (detikcom)

Jakarta - Polisi menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora di Kompleks Green Permata Residence, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2023). Dikutip dari detiknews, Mario Dandy melakukan selebrasi 'siu' ala Ronaldo usai menendang kepala David. Kini, gerakan selebrasi yang dilakukan Mario menjadi sorotan warganet.

Efek Serius Tendangan di Kepala

Dikutip dari Queensland Health, seseorang yang dipukul kepalanya menyebabkan otak membentur tengkorak. Seperti bola yang memantul, otak dapat melambung dan menabrak sisi lain tengkorak. Pantulan bolak-balik ini dapat menyebabkan otak terpelintir. Beberapa dampak negatif tendangan di kepala lainnya yaitu:

1. Kerusakan batang otak

Saat otak berputar karena terguncang, batang otak bisa rusak dan robek. Batang otak menghubungkan otak ke sumsum tulang belakang dan bertanggung jawab atas fungsi sistem saraf otonom seperti mengatur pernapasan, detak jantung, dan pencernaan. Kerusakan batang otak bisa menjadi cedera yang mengancam nyawa.

2. Gegar otak

Seseorang yang kepalanya dipukul berpotensi mengalami gegar otak. Mereka mungkin kehilangan kesadaran dan untuk sementara waktu fungsi kognitif otak terganggu. Pasien akan mengalami sakit kepala, kehilangan ingatan, mual, pusing, dan telinga berdenging.

Sindrom pasca gegar otak dapat terus memengaruhi orang tersebut setelah cedera. Semakin banyak gegar otak yang mereka alami di masa lalu, semakin buruk pengaruhnya.

3. Tengkorak retak

Jika orang yang dipukul kehilangan kesadaran dan jatuh, kepala mereka terbentur tanah atau atau barang di sekitarnya. Hal ini dapat mengakibatkan tengkorak retak. Jika mereka mengalami patah tulang tengkorak, bagian yang patah akan menekan otak dan menciptakan trauma lebih lanjut.

 

4. Pembengkakan otak

Saat terluka, otak akan membengkak. Pembengkakan otak memutus akses ke darah dengan menutup arteri dan pembuluh darah yang mensuplainya. Setelah 8-10 detik tanpa darah segar ke otak, orang akan hilang kesadaran. Setelah 4-5 menit, otak mulai mati. Setelah 5 menit, jika tidak mengakibatkan kematian, otak akan rusak dan tidak bisa diobati.

5. Perdarahan otak dan hematoma

Trauma otak menyebabkan pendarahan di dalam tengkorak atau otak. Tanpa perawatan segera, kondisi ini dapat menimbulkan kondisi berbahaya seperti hematoma atau pembekuan darah.

Sebelumnya, diketahui David mengalami Diffuse Axonal Injury (DAI) akibat penganiayaan tersebut. DAI adalah cedera otak traumatis pada pemotongan atau robekan serabut saraf penghubung panjang otak (akson). Kerusakan akson mengganggu kemampuan orang untuk berkomunikasi dan mengkoordinasikan fungsi tubuh yang dapat menyebabkan kecacatan parah.

Trauma terjadi akibat pergeseran otak yang cepat dalam tengkorak. Setelah hantaman tiba-tiba, gaya mekanis menyebabkan serabut saraf meregang dan merobek. DAI dapat terjadi akibat kecelakaan kendaraan bermotor atau benturan keras yang dapat menyebabkan koma.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews