Suap Wasit, Barcelona Terancam Dicoret dari Liga Champions Musim Depan

Suap Wasit, Barcelona Terancam Dicoret dari Liga Champions Musim Depan

Barcelona didakwa terlibat kasus korupsi soal penyogokan wasit (Foto: Twitter @futebol_info)

Jakarta - Barcelona didakwa menyuap wasit dalam rentang tahun 2001-2017 dan harus berurusan dengan pengadilan. Barcelona dituding menyuap eks Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol (CTA) Jose Maria Enriquez Negreira.

Barca dikabarkan membayar Negreira sebanyak 7 juta Euro atau setara Rp 115 miliar pada rentang tahun 2001-2017. Pembayaran berhenti usai Negreira tak lagi memegang jabatan di CTA pada 2018. Kasus ini mencuat berdasarkan penyelidikan pajak terhadap perusahaan milik Negreira.

Beberapa orang yang dinyatakan bersalah adalah Negreira , dua mantan presiden Barcelona Sandro Rosell (2010-2014) dan Josep Maria Bartomeu (2014-2020). Ada dua mantan pejabat eksekutif Oscar Grau dan Albert Soler.

Dalam waktu dekat, Barcelona akan hadapi pengadilan. Sampai sekarang, belum ada keterangan resmi dari pihak klub.

Tak berhenti sampai di situ, Barcelona siap-siap sudah jatuh tertimpa tangga. Dilansir dari Marca, Barca dibayangi pencoretan dari Liga Champions musim depan!

Dalam Pasal 4 Paragraf G di aturan UEFA, dijelaskan bahwa klub tidak boleh berpartisipasi dalam ajang kompetisi antarklub Eropa (UEFA Conference League, Liga Europa, dan Liga Champions) jika terbukti melakukan suap di level kompetisi manapun.

UEFA berhak mencoret klub tersebut demi menjaga nilai-nilai sepakbola yang jujur. Bahkan baru-baru ini, UEFA diketahui sudah mengumpulkan informasi terkait status penyelidikan, tuntutan, dan klaim Barcelona!

Barcelona sementara ini puncaki Klasemen Liga Spanyol. Andai jadi juara atau setidaknya finis kedua, Blaugrana berhak maju ke Liga Champions musim depan.

Tapi apa daya, andai terbukti salah maka Barca siap-siap ucapkan adios ke Liga Champions nanti.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews