Sejumlah Wilayah Batam Longsor dan Banjir, Tapi BPDB Belum Terbentuk

Sejumlah Wilayah Batam Longsor dan Banjir, Tapi BPDB Belum Terbentuk

Tanah longsor di RT 07/RW 02, Kelurahan Tanjungbuntung, Bengkong, Selasa (28/2/2023). (Foto: Juna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Banjir dan longsor terjadi di sejumlah titik lokasi di Batam belakangan. Cuaca ekstrem memang tengah melanda Batam dan Kepri pada umumnya pekan ini. Hanya saja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam dikabarkan belum terbentuk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kepri, Muhammad Hasbi beberapa sebelumnya mengaku kesulitan untuk mengetahui kondisi kebencanaan di Batam.

“Persoalannya BPBD (Batam) belum terbentuk, sehingga kami kerepotan untuk koordinasinya,” ujar Hasbi. 

Sementara itu, Pemerintah Kota Batam melalui Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman mengaku bahwa penanganan banjir dan longsor di bawah tanggung jawab Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam. 

“Jadi Dinas Bina Marga yang tangani, kita tidak punya lagi BNPB (Badan Nasional Penanggulanhan Bencana) daerah/BPBD,” ujar Azman saat dihubungi melalui saluran telepon, Senin (6/3/2023). 

Hal ini dikarenakan pihaknya tidak memiliki peralatan berupa alat berat untuk menangani pasca banjir dan longsor.  

Azman menyebutkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Dinas Pemadam Kebakaran adalah membantu penanganan pohon tumbang di ruas jalan. Selanjutnya bisa juga membersihkan permukiman warga.

"Kalau pohon tumbang, tim rescue kami turun untuk bantu penanganan ruas jalan yang tertutup. Perkim karena punya alat yang keren, kalau kita kan gak punya," kata dia.

Jadi untuk penanggulangan bencana saat ini tidak ada badannya di Batam, sehingga dikerjakan DBMSDA seperti banjir, dan longsor.

Padahal berdasarkan peraturan Walikota Batam Nomor 44 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok, Fungsi Dan Uraian Tugas Dinas Pemadam Kebakaran, pada pasal 7, Perwako 44/2016, ayat 4 dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3). 

Kepala Bidang mempunyai uraian tugas di point e, merumuskan kebijakan penanggulangan kebencanaan meliputi Pengurangan Resiko Kebencanaan (PRB), Tanggap Darurat Kebencanaan (TDB) dan Rumah Rawan Kebencanaan (RRB).

Sejauh ini, Batamnews mencoba mencatat titik-titik longsor yang terjadi di Kota Batam, ada 10 titik bankir yang tercatat, di antaranya: 
 
⁃ Bengkong, Tanjung buntung, Selasa (28/2/2023)

 âƒ Sei beduk, Bukit Kemuning, Selasa (28/2/2023)

 âƒ Galang (Jalan Trans barelang) di Kelurahan Semulang, Selasa (28/2/2023).

 âƒ Panti Asuhan Almubarok di Kampung Monggak, Kelurahan Rempang Cate, Galang, Batam, Selasa (28/2/2023)

 âƒ Kabil SMAN 21, Kecamatan Nongsa, Rabu (1/3/2023)

 âƒ Tiban Lama, Sekupang, Rabu (1/3/2023)

 âƒ Perumahan Asley Park Batamcenter, Jumat (3/3/2023)

 âƒ Perumahan Puri Mas, Batamcenter, Jumat (3/3/2023)

 âƒ Kaveling Sei Tering, Melcem, Batuampar, Sabtu (4/3/2023) 

 âƒ Piayu Laut, Seibeduk, Sabtu (4/3/2023)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews