Roro KMP Bahtera Nusantara 03 Siap Layari Rute Kepri- Kalimantan

Roro KMP Bahtera Nusantara 03 Siap Layari Rute Kepri- Kalimantan

KMP Bahtera Nusantara 03 yang akan segera melayani penyeberangan dari Kepri menuju Kalimantan. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Layanan penyeberangan dari Kepulauan Riau ke Kalimantan akan segera dibuka. Rute ini nantinya akan dilayani Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 03.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung kesiapan kapal tersebut di dermaga pelabuhan Roro Punggur, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (4/2/2023).

"Saya akan mengundang bapak Presiden untuk meresmikan kapal ini," ujar Budi Karya.

Baca: KMP Bahtera Nusantara 01 Tambah Rute Singgah di Midai dan Subi

Menurutnya, keberadaan Kapal Bahtera Nusantara 03 akan memperkuat konektivitas antara Kepulauan Riau (Kepri) dengan Kalimantan.

"Di sini ada Kepri, di sana ada Kalimantan, satu kapal ini akan menempuh Batam, Matak, Serasan dan Sintete," kata dia. 

"Ini tentu suatu upaya yang baik, kerja sama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan nanti yang akan mengoperasikan adalah ASDP," tambahnya. 

Baca: Gelombang Tinggi, KM Bahtera Nusantara 01 Tunda Pelayaran Bintan-Anambas

Di tempat yang sama, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad sangat mengapresiasikan kapal rute tujuan Kepri - Kalimantan tersebut. 

Menurutnya luas wilayah Kepri tersebut 96 persen dikelilingi oleh lautan. Sehingga urusan konektivitas adalah suatu keniscayaan yang perlu didorong dan dipercepat. 

"Kebanggaan kami juga karena kapal ini di produksi di Batam, sehingga saya mengapresiasi buatan Batam," kata Ansar.

Lebih lanjut, Ansar mengatakan bahwa kapal tersebut tak hanya membawa penumpang saja. Tentunya akan membawa logistik yang menjamin kebutuhan-kebutuhan pokok di daerah perbatasan.

"Ini penting sekali karena berkaitan dengan Inflasi dan pertumbuhan ekonomi," sebutnya.

 

Terpisah, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menjelaskan, Kunjungan dari Menteri tersebut untuk melihat kesiapan KMP Bahtera Nusantara 03 yang rencananya akan beroperasi saat cuaca sudah mulai membaik dan kondusif. 

"Keberadaan kapal ini kita hadir dalam frekuensi satu kali dalam satu minggu, kita jadi memastikan kebutuhan logistik masyarakat yang bisa terjamin," kata Ira Puspadewi. 

Dikatakannya bahwa kapal berkapasitas penumpang mencapai 386 orang serta mampu mengangkut sebanyak 36 kendaraan tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada bulan Maret 2023 nanti.

"ASDP melayani 320 rute seluruh Indonesia, dan 70 persen melayani pelayaran daerah perintis yang jauh terpencil, sedangkan kapal ini kualitasnya sama dengan kapal Bahtera Nusantara 01," pungkasnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews