Malaysia Beli 18 Unit Pesawat Tempur FA-50 ke Korea Selatan

Malaysia Beli 18 Unit Pesawat Tempur FA-50 ke Korea Selatan

Pesawat tempur ringan FA-50 buatan Korea Selatan. (Foto: via Aero Corner)

Seoul - Malaysia menjalin kesepakatan dengan Korea Aerospace Industries Co (KAI), untuk membeli 18 unit pesawat tempur ringan FA-50.

Kantor berita Bernama mengutip Yonhap melaporkan, pengiriman pesawat diharapkan dimulai pada tiga tahun mendatang, tepatnya tahun 2026.

Kesepakatan ini merupakan kali empat dilakukan oleh perusahaan produsen pesawat tempur itu dengan negara-negara Asia Tenggara setelah Indonesia, Filipina, dan Thailand.

“Dengan kesepakatan terbaru, KAI mengekspor 68 pesawat latih T-50 KT-1 serta pesawat FA-50 ke pasar Asia Tenggara,” ujarnya.

Baca: Pesawat Tempur Kolaborasi Korea Selatan-Indonesia Akhirnya Terbang

Ia mengatakan, di tingkat global, KAI mendapat tawaran untuk memasok 222 pesawat tempur ke berbagai negara antara lain Irak, Polandia, Peru, dan Senegal.

“KAI juga berharap dapat memenangkan kesepakatan untuk menyediakan 18 pesawat FA-50 lagi ke Malaysia karena negara tersebut berencana untuk menambah jumlah pesawat militernya,” katanya.

Ia mengatakan, KAI bertujuan memperluas ekspor pesawatnya ke Timur Tengah, Afrika, Australia, Amerika Serikat dan pasar lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews