5 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita, Termasuk Warna Lidah Seperti ini

5 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita, Termasuk Warna Lidah Seperti ini

Ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/interstid)

Jakarta - Kolesterol pada wanita cenderung akan meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, banyak yang tidak mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita, dan banyak yang tidak menyadari risiko yang mengintainya. Padahal, wanita juga memiliki risiko terkena kolesterol yang tinggi.

Jika kadar kolesterol terlalu tinggi di dalam tubuh dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Ini sangat membahayakan karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari Hopkins Medicine, dr Erin Michos, Direktur Asosiasi Kardiologi di Pusat Ciccarone untuk Pencegahan Penyakit Jantung mengatakan sekitar 45 persen wanita di atas usia 20 tahun memiliki kolesterol total 200 mg/dl atau lebih. Hal tersebut didukung survei oleh American Heart Association yang menemukan 76 persen wanita tidak mengetahui apa itu kolesterol.

Baca juga: Sinyal Kolesterol Tinggi yang Terlihat dari Kuku Kaki

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Seseorang yang mengidap kolesterol tinggi masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Seseorang tersebut tidak akan mulai merasakan gejala apapun sampi kolesterol tinggi menyebabkan masalah di tubuh.

Meski penyakit ini dapat menyerang siapa saja dengan gejala yang sama, penting untuk menyadari apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita. Dikutip cari berbagai sumber, terdapat tanda di tubuh jika memiliki kolesterol tinggi antara lain:

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan tanda yang harus diwaspadai. Dikutip dari Cleveland Clinic, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi saling berhubungan. Plak kolesterol dan kalsium menyebabkan arteri menjadi keras dan menyempit. Jadi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ketika melaluinya. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi.

Baca juga: Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Jangan Tunggu Sampai Parah!

2. Xanthelasma

Xanthelasma palpebrarum (XP) yaitu endapan lemak yang muncul di kelopak mata. Kondisi ini berkaitan dengan kelebihan kolesterol jahat dalam aliran darah. Dari mereka yang menderita XP, hampir 50 persen memiliki masalah kolesterol.

Dikutip dari Health Match, gejala utamanya ialah endapan plak kuning di bagian luar kelopak mata atas. Meski tidak normal, endapan yang menggumpal jarang menimbulkan masalah pada fungsi kelopak mata.

3. Kaki yang Sering Nyeri

Dikutip dari St Paul Place, kaki yang mengalami kesemutan dan nyeri bukan hanya tanda terlalu lama duduk ataupun berlari. Hal itu sering menjadi gejala yang mengarah pada kolesterol tinggi. Itu seringkali berasal dari arteri yang tersumbat di kaki dan tidak dapat mengalirkan darah yang dibutuhkan. Untuk mengatasinya, mulailah dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

4. Lidah Berwarna Ungu

Dalam jurnal medis 'Frontiers in Medicine', lidah berwarna ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar, atau pembuluh darah yang mengalirkan darah di lidah merupakan tanda penting dari stasis darah.

Stasis darah merupakan gejala kolesterol tinggi. Terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan. Hal ini berimbas pada kecepatan aliran darah yang berkurang, menyebabkan obstruksi parsial dan meningkatkan tekanan pembuluh darah.

5. Lesi Kulit

Dikutip dari WebMD, adanya lesi kulit yang keras dan tampak seperti lilin perlu juga diwaspadai, lantaran ini bisa dipicu dari penumpukan kolesterol. Sehingga, menyebabkan endapan kolesterol di bawah permukaan kulit. Mereka dapat muncul sebagai benjolan kecil, nodul, atau bahkan tumor jinak yang dapat membesar seiring waktu.

Mengenalkan ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita sangat perlu agar dapat mengantisipasi risiko penyakit jantung dan penyakit mematikan lainnya. Sebab, kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews