Sempat Mahal, Harga Bayam dan Kangkung di Batam Sudah Turun

Sempat Mahal, Harga Bayam dan Kangkung di Batam Sudah Turun

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Mega Legenda, Batam Kota, Selasa (14/3/2023). (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Harga komoditas sayuran di sejumlah pasar tradisional di Batam, Kepulauan Riau sempat melonjak signifikan. Bahkan, sayur bayam sempat menyentuh Rp 30 ribu per kilogram.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad kemudian memantau Pasar Mega Legenda, Batam Kota, Selasa (14/2/2023). Ia meninjau harga sejumlah komoditas di pasar tersebut. 

Dari hasil tinjauan tersebut, Amsakar mengakui harga sejumlah komoditas mengalami penurunan. Seperti harga kangkung dan bayam yang sudah mulai turun. Sementara komoditi pangan lainnya disebut masih relatif stabil.

Saat ini, harga sayur bayam per kilogram dibanderol dengan Rp 20 ribu sementara harga kangkung dibanderol Rp 30 ribu. Sebelumnya harga kangkung senilai Rp 35 ribu per kilogram. 

"Bayam Rp 20-an, dan kangkung Rp 30 ribu. Kemarin sampai Rp35 ribu. Yang naik kemarin hanya sayur saja," ujarnya. 

Baca: Mahal, Harga Bayam di Batam Dibanderol Rp 30 Ribu Per Kilogram

Ia menjelaskan, kenaikan harga ini disebabkan pengaruh cuaca ekstrim yang terjadi beberapa minggu belakangan. 

Terkait harga jual komoditi pangan lainnya, Amsakar juga menyebutkan bahwa komoditi pangan untuk daging segar dan daging beku juga terpantau masih relatif stabil.

"Harga ikan dan daging stabil dan tidak mengalami perubahan signifikan," kata dia.

Sementara itu, seorang pedagang, Dea mengatakan harga beberapa komoditas belum normal. Namun tidak setinggi seperti beberapa waktu lalu. 

"Masih tinggi. Cuma tidak setinggi kemarin. Mulai agak turun sejak beberapa hari ini," ujarnya. 

Baca: Satgas Pangan Kota Batam Catat Kenaikan Harga Cabai dan Sayur Bayam

Sebelumnya harga kangkung yang tadinya seharga Rp 8-Rp 10 ribu per kilogram (kg), dan bayam tadinya seharga Rp 10-Rp 12 ribu.

Ia menjelaskan, harga sayur yang mulai mengalami penurunan ialah bayam dan kangkung. Bayam kini dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan dan kangkung Rp 30 ribu.

"Bayam Rp 20-an, dan kangkung Rp 30. Kemarin sampai Rp 35 ribu. Yang naik kemarin hanya sayur saja," ujarnya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh pedagang lainnya, Situmorang. Menurutnya, kenaikan harga kemarin cukup berdampak bagi pedagang dan juga masyarakat.

Terlebih lagi, saat ini semakin mendekati bulan puasa. Kini, sejumlah sayur seperti bayam, sawi, dan kacang panjang dijual dengan kisaran harga Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu. 

"Sekarang sudah turun sejak satu minggu ini. Segala macam sayur seperti kangkung, bayam, sawi, hingga kacang panjang," katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews