Empat Negara di Amerika Latin Ajukan Diri Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

Empat Negara di Amerika Latin Ajukan Diri Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

Piala Dunia. (Foto: FIFA)

Buenos Aires - Empat negara di Amerika Latin mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama perhelatan sepakbola terakbar, Piala Dunia 2030.

Keempat negara itu yakni Argentina, Chili, Uruguay, dan Paraguay mengajukan tawaran tersebut, 100 tahun setelah Piala Dunia digelar pertama kali di Montevideo, Uruguay.

"Kami yakin bahwa FIFA memiliki rasa untuk menghormati mereka yang menyelenggarakan Piala Dunia pertama," kata Presiden Federasi Conmebol Amerika Selatan, Alejandro Dominguez di Argentina dilansir AFP.

Hal itu disampaikan Dominguez saat menghadiri upacara peluncuran di markas besar Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) di Ezeiza, selatan Buenos Aires.

Persaingan semakin ketat sebelum FIFA memilih tuan rumah pada 2024.

Baca: Final Piala Dunia 2022, Buat Bos-bos Raksasa Teknologi Ikut Bahagia

Tantangan utama Amerika Selatan adalah tawaran bersama dari Spanyol, Portugal dan Ukraina yang mendapat dukungan dari badan pengatur Eropa UEFA.

Arab Saudi sedang mempertimbangkan penawaran untuk menjadi tuan rumah bersama Mesir dan Yunani.

Pada bulan Desember, Dominguez mengatakan FIFA harus menghormati warisan ikon Amerika Selatan Pele dan Diego Maradona dengan menganugerahkan Piala Dunia 2030 ke benua itu.

Baca: Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada

Sedangkan Uruguay menjadi juara dunia pertama pada tahun 1930, mengalahkan Argentina 4-2 dalam final Piala Dunia 13 tim di Montevideo.

Argentina adalah juara bertahan setelah mengalahkan Prancis di Qatar tahun lalu.

Piala Dunia berikutnya akan diselenggarakan pada tahun 2026 oleh Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada - untuk pertama kalinya akan melibatkan 48 tim yang bersaing dari 32 tim sebelumnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews