Menteri Sandiaga Uno Bakal Hadiri Perayaan Imlek di Selatpanjang

Menteri Sandiaga Uno Bakal Hadiri Perayaan Imlek di Selatpanjang

Festival perang air atau Cian Cui yang digelar di Selatpanjang, Meranti sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Batamnews)

Meranti, Batamnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, diundang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau, untuk hadir dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2574 di Kota Selatpanjang.

Rencananya, rangkaian pelaksanaan Imlek di Selatpanjang akan jauh lebih meriah dibandingkan daerah lainnya. Selain akan ada kirab budaya, juga akan ada Festival Lampion. 

Termasuk akan dilaksanakan kembali Festival Perang Air atau Cian Cui setelah absen selama beberapa tahun akibat pandemi Covid-19. Apalagi festival ini sudah menjadi agenda wisata nasional dan pernah meraih rekor MURI pada 2019 lalu.

Baca: Sempat Vakum Beberapa Tahun, Festival Perang Air di Meranti Kembali Dihelat

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Meranti, Alfian mengatakan, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Tentunya berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, tokoh masyarakat dan pemuda.

"Rencananya kita akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk datang nantinya. Selain itu juga mengundang Dinas Pariwisata Provinsi Riau," kata Alfian, Jumat (20/1/2023).

Dengan mengundang pihak Kementerian dan Dinas Pariwisata Riau, ia berharap agar dukungan bisa mengalir untuk pelaksanaan Imlek yang lebih meriah, baik dukungan dalam bentuk moril, maupun dalam bentuk program kegiatan.

Secara rinci, Alfian menuturkan sejumlah agenda yang sudah disusun untuk perayaan Imlek 2023 di Selatpanjang diantaranya, mulai tanggal 22-27 Januari akan dilaksanakan Fetival Perang Air. Dimana pelaksanaannya sudah disepakati bersama mulai pukul 15:00-18:00 WIB.

Baca: Mengintip Suasana Imlek di China Town Batam, Bakal Ada Pesta Kembang Api

Kemudian untuk pelaksanaan Festival Lampion sudah dimulai. Lampion yang dipasang di sejumlah jalan-jalan di Selatpanjang akan dilombakan dan hadiahnya akan disiapkan oleh Pemkab Meranti. 

Setelah itu, Night Carnival juga akan digelar dan menjadi pesta rakyat untuk merayakan Imlek.

 "Pelaksanaan Night Carnival akan dilaksanakan selama dua hari (24-25 Januari 2023) di Taman Cik Puan. Akan kita siapkan sebanyak 15 stand bazar produk UMKM lokal dalam bentuk makanan dan minuman. Juga akan ada pagelaran seni dan budaya dalam kegiatan ini nantinya," kata dia.

Tak cuma itu, ada juga pawai budaya dari masyarakat Tionghoa yakni Pawai Cue Lak. Dimana saat itu Dewa Chu Se Kong berulang tahun dan akan ditandu serta diarak keliling 23 kelenteng yang ada di Selatpanjang bersama dua dewa lainnya yakni Tian Tho Wan Sue dan lie loh Chia. 

Baca: Mengenal 7 Mitos Imlek, Pantangan yang Tak Boleh Dilanggar agar Tak Sial

Sementara Sekretaris Yayasan Sosial Umat Beragama Budha (YSUBB) Selatpanjang, Tjuan An menuturkan dalam perayaan Imlek di Selatpanjang juga akan ditampilkan barongsai dan atraksi budaya lainnya seperti reog, kuda kepang.

"Perayaan imlek akan kita mulai dengan atraksi reog dan naga di Vihara Sejahtera Saksi. Karena vihara tersebut menjadi yang tertua dan terbesar di Meranti," katanya.

Ia berharap dukungan semua pihak dan lembaga, agar Imlek tahun ini bisa berjalan lancar dan sukses, terutama dukungan dari pemerintah. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews