Arkeolog Temukan Makam Bangsa Viking dari Abad ke-9 Masehi, Begini Isinya

Arkeolog Temukan Makam Bangsa Viking dari Abad ke-9 Masehi, Begini Isinya

Temuan benda di makam viking. (Byantikvaren in Oslo)

Oslo - Arkeolog menemukan sebuah makam dari masa Viking yang berisi sisa-sisa perisai dan sejumlah peralatan lainnya. Penemuan itu terjadi ketika sebuah rumah akan dibangun di Oslo, Norwegia.

Makam itu terletak di bawah lapisan tanah di sebuah bukit kecil yang berada di atas danau Holmendammen. Lokasi itu berada di kawasan permukiman di sebelah utara Oslo.

Dilansir laman Heritage Daily, Jumat (23/12/2022), makam itu ternyata adalah kuburan tempat kremasi. Selain perisai, di dalam makam itu arkeolog juga menemukan benda lain seperti bejana batu, gesper, bros Celtic, sepasang pisau, sabit, dan paku kuda.

Marianne Bugge Kramer dari Kantor Manajemen Peninggalan Budaya Oslo mengatakan kepada sciencenorway: "Untuk saat ini makam itu usianya dihitung berdasarkan benda yang ditemukan di dalamnya. Jenis bros berbentuk bulatan ini muncul sekitar 850 Masehi dan menjadi kian umum pada abad ke-10 Masehi."

Menurut dongeng Norse, Oslo dibangun sekitar 1049 Masehi oleh Harald Hardrada. Penelitian arkeologi belum lama ini menemukan makam umat Kristen yang dibuat sekitar sebelum 1000 Sebelum Masehi. Makam Viking terakhir yang usinya lebih tua dari temuan ini menandakan telah terjadi masa pendudukan lebih awal,

Arkeolog juga menemukan sebuah lempengan perisai yang ada tonjolan besi di bagian tengahnya meski bagian lain dari perisai itu sudah dimakan usia beratus tahun. Tonjolan besi itu dibuat untuk memantulkan hantaman yang mengarah ke bagian tengah perisai. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews